Polisi Masih Berjibaku Padamkan Api di Rupat

berjibaku-apadamkan-api-rupat.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Tim gabungan dari Satgas Karhutla Bengkalis masih melakukan upaya pemadaman dan pendinginan di dua titik Karhutla di Bengkalis. Dua titik ini berada di Pulau Rupat.

Hal ini diungkap Kapolres Bengkalis AKBP Sigit Adiwuryanto. Ia sendiri saat ini masih berada di salah satu lokasi Karhutla di Pulau Rupat untuk melakukan pemadaman sejak lima hari terakhir.

Menurutnya, saat ini pihaknya bersama tim gabungan masih melakukan pemadaman di Dusun Teluk Kumbang Desa Sukarjo Mesim kecamatan Rupat. Sampai saat ini Karhutla terjadi di sana sudah mencapai sekitar sepuluh hektare lahan.

"Saat ini memang api tidak terlihat, namun lahan masih mengeluarkan asap. Kadang-kadang sesekali muncul juga api keluar. Kita terus menyemprot agar api tidak membesar," terang Kapolres AKBP Sigit Adiwuryanto, Kamis, 27 Febuari 2020.


Lebih lanjut Sigit mengatakan, kondisi medan ditempuh untuk sampai ke lokasi Karhutla memang tidak sulit. Hanya saja yang menjadi kendala angin cukup kencang sehingga membuat api bisa setiap saat muncul dan membesar.

"Untuk pemadaman di sini kita bertugas sekitar delapan puluh orang personil gabungan. Serta sempat dibantu dengan water bombing pada hari Senin lalu, namun hari ini tidak ada bantuan water bombing," kata Kapolres.

Karhutla di daerah tersebut terjadi sudah delapan hari, sementara Kapolres sudah turun memimpin pemadaman sejak lima hari lalu. Sampai saat ini masih di sana melakukan pemadaman langsung.

Selain di titik tersebut, Karhutla juga terjadi di Rupat Utara. Di mana api kembali muncul di titik sebelumnya sempat padam di akhir Januari lalu, yakni titik Karhutla Dusun Hutan Samak, Desa Titik Akar.

"Di sana petugas masih melakukan pendinginan, masih di lokasi Karhutla yang lama," pungkasnya.

Karhutla di dua titik ini bisa dipadamkan secara total jika terjadi hujan yang merata di wilayah Rupat. Untuk itu pihaknya berharap doa dari masyarakat Bengkalis wilayah Rupat bisa turun hujan.

"Mohon doa dari semua pihak agar wilayah Bengkalis bisa turun hujan. Sehingga api bisa padam total," imbuhnya.