Dinas Perpustakaan Bengkalis Terima Bantuan Satu Unit Motor Perpustakaan Keliling

perpus-keliling.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAU ONLINE, BENGKALIS - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Kabupaten Bengkalis menerima bantuan  motor perpustakaan keliling, dari Perpustakaan Nasional Indonesia. Keberadaan motor perpustakaan keliling diharapkan dapat memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat.

Selain satu unit motor perpustakaan keliling, diterima juga koleksi buku sebanyak 165 judul, 330 eksemplar beserta satu unit boks oleh Kepala Dispersip Kabupaten Bengkalis, H Suwarto.

Pemberian bantuan diterima H Suwarto langsung dari Kepala Pusat Pengembangan Perpustakaan dan Pengkajian Minat Baca, Deni Kurniadi M Hum, Jum'at, 31 Januari 2020 kemarin di Jakarta.

Kepada RIAUONLINE.CO.ID, H Suwarto mengaku sangat senang dengan bantuan yang baru saja diterima, tentunya sangat bermanfaat untuk Kabupaten Bengkalis.

Menurut H Suwarto, perpustakaan keliling adalah bagian dari pelayanan perpustakaan umum yang mendatang, mengunjungi pembacanya dengan menggunakan kendaraan, baik darat (mobil atau motor) maupun air (perahu).

Dengan kata lain, perpustakaan keliling adalah perpustakaan yang bergerak dengan membawa bahan perpustakaan untuk melayani masyarakat dari satu tempat ke tempat lain yang belum terjangkau oleh perpustakaan umum.

"Idealnya, Kita terus berusaha serta berinovasi dalam memberikan layanan informasi dan bacaan kepada masyarakat di Kabupaten Bengkalis," katanya dalam keterangan tertulis diterima, Sabtu, 1 Februari 2020.

Dengan bantuan ini, harap H Suwarto lagi. Upaya perpustakaan umum dalam mengembangkan pendidikan nonformal kepada publik luas terus berjalan sehingga dapat memperkenalkan buku-buku kepada publik.

"Idealnya lagi, dengan bantuan yang telah kita terima ini mampu meningkatkan minat baca dan mengembangkan cinta buku pada masyarakat," imbaunya.

Pun demikian, H Suwarto menambahkan serah terima untuk keperluan perpustakaan keliling ini adalah bantuan (hibah) kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Bengkalis, Provinsi Riau.

"Sebagaimana fungsinya, bantuan ini kita terima dan akan kita gunakan sebagaimana bentuk dan fungsinya. Sebagai pelayanan perpustakaan kepada masyarakat dan tidak untuk digunakan keperluan lainnya," tutupnya.