Pendaftar Calon PPK di Kuansing Membludak

kpu-kuansin.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Jumlah pendaftar calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kuansing 2020 membludak.

Sampai berakhirnya pendaftaran pada 24 Januari 2020 kemarin, jumlah pendaftar mencapai 538 orang yang mengisi buku register, dan yang mengembalikan berkas pendaftaran sampai batas akhir pendaftaran sebanyak 529 orang.

"Jumlahnya membludak, masyarakat sangat antusias untuk ikut menjadi calon PPK," ujar Ketua KPU Kuansing, Irwan Yuhendi ketika dihubungi Riau Online, Sabtu, 25 Januari 2020.

Irwan mengatakan, antusias cukup tinggi untuk ikut jadi calon PPK, karena yang dibutuhkan masing-masing kecamatan hanya dua kali jumlah kebutuhan dan sekarang jumlahnya berlebih.

"Kuota minimal hanya 10 per Kecamatan, tapi yang mendaftar kemarin itu sudah berlebih," katanya.

Irwan berharap antusiasme masyarakat menjadi calon PPK semoga menjadi cerminan partisipasi masyarakat pada Pilkada Kuansing yang akan digelar 23 September 2020 nanti.

Kini katanya, panitia tengah melakukan penelitian terhadap berkas calon PPK yang mendaftar kemarin. "Pada 28-29 Januari nanti akan dilakukan pengumuman administrasi siapa saja yang akan lolos administrasi," katanya.

Pengumuman administrasi nanti bisa dilihat dipapan pengumuman di kantor KPU Kuansing, juga bisa dilihat di website KPU Kuansing dengan alamat kpu-kuansingkab.go.id atau bisa dilihat melalui medsos resmi milik KPU.

"Saat pengumuman administrasi nanti langsung kita sampaikan dimana nanti tempat untuk tes tertulis. Sesuai jadwal tes tertulis digelar 30 Januari," katanya.

Kini pihaknya masih mencari tempat atau gedung untuk pelaksanaan tes tertulis bagi calon PPK yang lulus secara administrasi. "Sekretariat masih mencari tempat dimana akan dilakukan tes tertulis nanti," katanya.