Ade Agus: Nepotisme Ada Dari Dulu, Yang Penting Kapasitas Terpenuhi

Sekretaris-Komisi-V-Ade-Agus-Hartanto.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

 


RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ketua Komisi I DPRD Riau, Ade Agus Hartanto mengaku tak mempermasalahkan Gubernur Riau Syamsuar dan Sekdaprov Riau Yan Prana Jaya memberikan 'jatah' jabatan kepada beberapa kerabat keluarganya.

Dikatakan Ade, pihaknya akan melihat bagaimana kinerja mereka yang sudah dilantik termasuk para kerabat keluarga ini, apakah sebatas mengakomodir atau memang punya kapasitas.

"Siapapun yang dilantik, yang penting punya kapasitas dan kapabilitas. Kita lihat aja, mau dia keluarga, kerabat, atau siapalah. Kita lihat profesional gimana dia bertugas nanti," kata ketua fraksi PKB ini, Kamis, 9 Januari 2020.

Jika nantinya mereka tidak memiliki kemampuan, DPRD Riau siap memberikan kritik bahkan mengusulkan Sekda maupun Gubernur untuk segera mengganti pejabat tersebut.

Terlebih, saat ini APBD 2020 baru saja berjalan sehingga ada tolak ukur untuk mengukur kemampuan para pejabat yang sudah dilantik yakni saat pembahasan APBD Perubahan.

"Kalau di antara ratusan itu ada sebagian dari kerabat yang ada, wajar aja. Siapapun jadi pemimpin gitu aja terus kan," tambahnya.

"Harapan kita, jangan hanya sekedar memuaskan kebutuhan kekeluargaan, tapi kinerja diabaikan. Nepotisme itu kan memang dari dulu, yang penting kapasitas terpenuhi, ya boleh saja," tandasnya.