Siang ini, Puluhan Ormas dari GMMK Riau Gelar Aksi Solidaritas Muslim Uighur

Muslim-uighur.jpg
(www.uighur.nl)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Gerakan Masyarakan Menuntut Keadilan (GMMK) Riau akan kembali melakukan Aksi Damai pada hari ini, Jumat (20/12/2019), Aksi ini dilakukan dalam bentuk longmarch dan orasi untuk memberikan dukungan terhadap Muslim Uighur yang mendapatkan presekusi dari Pemerintah Tiongkok.

Ketua GMMK Riau, Yana Mulyana, menyebutkan bahwa aksi ini dinamakan Aksi Damai Bela Nabi Muhammad SAW dan Selamatkan Muslim Uighur. Kegiatan akan dilakukan usai Shalat Jumat berjamaah di Masjid Raya Annur. "Kita akan berkumpul di Masjid Annur usai Jumatan," sebutnya.

Yana mengatakan bahwa aksi ini merupakan bentuk soladaritas sesama umat Muslim untuk menoong sesama. GMMK ingin mendorong seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk memperhatikan dan memberikan dukungan atas penindasan yang terjadi pada Muslim Uighur, Xinjiang, Tiongkok.

"Di samping itu kita juga melakukan aksi karena didasarai maraknya ujaran kebencian yang ditujukan kepada Nabi Muhammad Saw. Kita ingin pihak-pihak yang dilaporkan untuk segera diproses dan tidak dilakukan pembiaran," ungkap Yana.

Aksi ini sendiri akan diikuti berbagai ormas yang tergabung dalam GMMK Riau. Yana menargetkan akan mengumpulkan 1.000 orang untuk berpartisipasi dalam aksi damai ini.

Untuk aksi sendiri, dimulai dari berkumpul di Masjid Annur dan melakukan longmarch dari Jalan Hang Tuah menuju Jalan Sudirman, lalu menuju Jalan Gajah Mada dan ke Jalan Diponegoro. Aksi orasi akan dilakukan di Diponegoro, tepatnya di depan Tugu Perjuangan. (abe)