Aktual, Independen dan Terpercaya


Pembahasan APBD Riau Alot, Hardianto Harap Pelantikan Sekdaprov Ditunda

Hardianto-Gerindra.jpg
(Hasbullah)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Wakil ketua DPRD Riau Hardianto meminta Gubernur Riau atau pejabat berwenang agar menunda pelantikan Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau demi kelangsungan pembahasan APBD Riau 2020.

Dikatakan sekretaris DPD Gerindra Riau ini, hari ini pihaknya melalui Badan Anggaran (Banggar) tengah membahas APBD Riau 2020 bersama dengan Pemprov Riau melalui Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD).

"Ketua TAPD ini kan Sekdaprov, jadi saat ini kita masih membahas dan pembahasan sedang alot-alotnya. Kalau Sekda dilantik juga pasti dia akan belajar lagi," kata Hardianto, Kamis, 21 November 2019.

Hardianto menilai pihaknya tidak berkapasitas untuk menunda pelantikan yang akan dilangsung Jumat esok, namun ia hanya bisa sebatas menghimbau saja.

"Itu di luar kewenangan kita," tambahnya.

Sebelumnya, setelah lama menunggu, Presiden Jokowi akhirnya menerbitkan Surat Keputusan Presiden (Kepres) penunjukan Sekdaprov Riau. Kepres tersebut diterima oleh Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Provinsi Riau, Rabu 20 November 2019 sore tadi.

Namun sayang, meski Kepres penunjukan Sekdaprov Riau sudah ditangan BKD Riau, sejauh ini belum diketahui siapa nama yang ditunjuk oleh presiden menjadi Sekdaprov Riau.

Sebelumnya ada tiga nama yang diusulkan, yakni Yan Prana yang saat ini menjabat Kepala Badan Keuangan Daerah Siak. Kemudian Said Syarifuddin Sekda Inhil dan Asrizal Kepala Dinas Perindustrian Riau.

"Iya tadi sore baru kita terima Kepresnya," kata Kepala BKD Riau, Ikhwan Ridwan, Rabu 20 November 2019 malam.