Aktual, Independen dan Terpercaya


PAN Enggan Disebut Oposisi, Zulkifli Hasan: Kita Mitra Kritis

zulhas.jpg
(Hasbullah)

RIAUONLINE PEKANBARU - Ketua Umum DPP PAN, Zulkifli Hasan memastikan partainya tidak pernah meminta-minta jabatan menteri apapun kepada Presiden Jokowi.

"Kita gak pernah minta-minta," tegas politisi yang kerap disapa Zulhas ini, Sabtu, 26 Oktober 2019.

Meski demikian, PAN mengaku tidak mau disebut sebagai oposisi sebab dalam sistem perpolitikan Indonesia tidak ada istilah oposisi, namun ia lebih senang disebut sebagai mitra kritis.

"Indonesia itu gak ada oposisi, semua musyawarah mufakat, sejatinya berdasarkan kebersamaan. Gak ada musuh abadi (dalam politik Indonesia). Kita sama Nasdem saja bisa kok join (di Pilgubri)," kata Zulhas.

Atas dasar itulah, Zulhas mengaku tidak kaget dengan Ketum Gerindra Prabowo Subianto yang dapat jabatan Menteri Pertahanan di kabinet jilid II Jokowi.

Pun begitu, Zulhas tidak ingin langsung bersikap sentimen dengan susunan kabinet Jokowi, ia masih akan memberi waktu hingga tiga bulan ke depan. Setelah berjalan tiga bulan ia akan melakukan kritik sekaligus memberikan saran.

"Sekarang kita kasih waktu menteri itu bekerja, kita kasih kesempatan. Setelah tiga bulan kalau tidak pas ya kita kasih saran. Jangan (pandang) jelek dulu, masa belum kerja sudah dipandang jelek," jelasnya.