Peringatan Hari Batik Nasional 2019, Karyawan RAPP Kompak Pakai Baju Batik

batik-rapp.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PANGKALAN KERINCI – Karyawan PT Riau Andalan Pulp and Paper (RAPP) serentak mengenakan baju batik guna memeriahkan Peringatan Hari Batik Nasional 2019 yang ditetapkan setiap tanggal 2 Oktober.

 

Mill Complex HR Head RAPP, Fahrizal Tampubolon mengatakan sejak beberapa tahun lalu, para karyawan sudah sering mengenakan batik untuk memperingati Hari Batik Nasional. Ia mengatakan karyawan cukup antusias memakai baju batik ketika bekerja lalu menggunggah foto mereka berpakaian batik ke media sosial masing-masing.

 

Menggunakan tagar #keAPRILpakaibatik dan #LifeatAPRIL, para karyawan berlomba-lomba mengunggah foto mereka sekaligus merebut hadiah menarik dari perusahaan. 


 

“Ini sudah menjadi tradisi di RAPP setiap tanggal 2 Oktober ke kantor mengenakan batik. Tradisi ini berawal atas inisiatif karyawan untuk memakai batik pada Peringatan Hari Batik Nasional,” kata Fahri. 

 

Selain itu, lanjut Fahri, RAPP juga mendukung pelestarian batik dengan membina para pembatik di Rumah Batik Andalan (RBA) melalui Program Community Development (CD). 

 

“Seragam batik karyawan diproduksi oleh ibu-ibu pembatik di RBA yang juga dukungan terhadap batik khas Riau. Jadi saat ini karyawan RAPP semuanya punya Batik Bono,” ujarnya.

 

Peringatan Hari Batik merupakan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2009 Tentang Hari Batik Nasional. Hal ini dilakukan untuk melestarikan batik yang telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Non-Bendawi pada Oktober 2009 lalu oleh United Nations of Educational, Scientific, and Cultural Organization (UNESCO). (rls)