Titik Api Kembali Muncul di Bengkalis

karhutla-bengkalis-jalan-antara.jpg
(istimewa)

Laporan: ANDRIAS

RIAUONLINE, BENGKALIS - Memasuki hari keempat kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di lahan status milik PT Cevron, Kecamatan Bathin Solapan, Kabupaten Bengkalis terus membara dan meluas.

Satgas Karhuta Kabupaten Bengkalis terlalu letih menghadapi kebakaran selama ini terjadi seakan tidak mampu memadamkan api yang semakin melebar mencapai lebih kurang 7 hektar lahan terbakar di lokasi Desa Jalan PT. Chevron 8k24z/ Area 10 RT 03/RW 05, Desa Bumbung.

Belum sempat selesai, peristiwa itu kini muncul kembali dan terjadi di lahan gambut Kecamatan Bengkalis, Sabtu, 07 September 2019.

Kembalinya terjadi kebakaran lahan milik masyarakat tanah gambut itu seperti disampaikan oleh Kepala Pelaksana (Kalaksa) BPBD Kabupaten Bengkalis, Tajul Mudoris.

Dia menyebut, kebakaran tersebut terjadi Jl. Antara Gg Abdul Somad RT 03 RW 05 Desa Wonosari Barat, Kecamatan Bengkalis, Sabtu 7 September 2019 siang.

"Kebakaran lahan gambut milik masyarakat itu terjadi sekitar jam 13 .03 wib, penyebab kebakaran masih dalam penyelidikan pihak kepolisian," kata Tajul Mudoris, Sabtu 7 September 2019 sore.

Pun demikian, Lanjut Tajul. Petugas berhasil memblocking kepala api agar tidak menyebar luas dan api berhasil di padamkan tim gabungan karhutla.

"Saat ini masih menyisakan asap," singkat Tajul semberi menambahkan personil diterjunkan 5 Personil dari TNI, Polres Bengkalis 7 porsonel, Damkar 8 porsonil serta dibantu dari masyarakat sebanyak 15 orang.

"Sedangkan di Kecamatan Bathin Solapan memasuki hari keempat kebakaran, hingga saat ini petugas masih berupaya melakukan pamadaman dan pendinginan agar api tidak membesar dan meluas," pungkasnya menambahkan.