Aktual, Independen dan Terpercaya


Mahasiswa Kukerta UNRI Dampingi Warga Buat Pupuk Cair Sederhana

pupuk-cair.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, SIAK - Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (Kukerta) Universitas Riau desa Sorek Dua, kecamatan Pangkalan Kuras, Siak Sri Indrapura melakukan pendampingan pembuatan pupuk cair sederhana kepada ibu-ibu anggota Pembinaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) pada Minggu 25 Agustus 2019.

Melihat potensi lingkungan sekitar desa yang masih banyak terdapat lahan potensial terutama di sekitaran pekarangan rumah mahasiswa Kukerta UNRI mengajak memaksimalkan hal tersebut. Untuk lebih memaksimalkan lahan tersebut Mahasiswa mendampingi ibu-ibu PKK untuk membuat pupuk cair sederhana.

"Pupuk ini dapat digunakan sebagai alternatif pupuk yang ramah lingkungan dan mudah dibuat. Satu lagi karena bentuknya cair mudah diserap dan bisa untuk smua jenis tanaman" ujar Aditya Wibowo, Koordinator Mahasiswa Kukerta desa Sorek Dua.

Pupuk ini sendiri terbuat dari sisa-sisa sampah organik dapur maupun dedaunan kering. Karena menggunakan bahan-bahan organik pupuk ini disebut pupuk ETT atau Ekstrak tanaman terpadu.

Manfaat penyuluhan ini adalah untuk membuat warga atau masayarakat desa sorek dua memanfaatkan dan dapan dibuat di rumah tanpa mengeluarkan biaya yang sangat besar. Hal ini diapresiasi oleh Kepala desa Sorek Dua yang menyebut hal ini sebagai langkah kecil yang sangat bermanfaat.

"Apa yang adik-adik mahasiswa lakukan sangat kami apresiasi, ibu-ibu yang sering bercocok tanam disekitaran rumah sangat senang karena sangat mudah. Walaupun ilmunya sederhana tapi manfaatnya besar. Semoga jadi amal ibadah" ujar Kepala Desa Sorek Dua, Zaenuddin.