BKSDA Evakuasi Buaya Masuk Desa di Siak

buaya-Bksda.jpg
(istimewa/BBKSDA Riau)
RIAUONLINE, PEKANBARU - Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Riau berhasil mengevakuasi buaya sepanjang 2,5 meter yang menggegerkan warga Kampung Merempan Hilir, Kecamatan Mempura Siak. 
 
Buaya muara itu pada Rabu, 4 September 2019 naik ke daratan dan meneror penduduk desa di sekitar SD 04 Kampung Merempan itu. 
 
Kepala BBKSDA Riau Suharyono mengatakan buaya berjenis kelamin jantan itu diduga mengalami dislokasi atau tersesat. Sejatinya, habitat buaya itu berada di dalam sungai dan berbatasan langsung dengan muara laut. 
 
Petugas BBKSDA Riau yang mendapat informasi itu pun segera melakukan upaya evakuasi dan penyelamatan. 
 
"Setelah menerima informasi tersebut, Balai Besar KSDA Riau langsung menurunkan timnya ke lokasi. Saat sampai di lokasi, buaya telah ditangkap oleh petugas damkar dan ditempatkan di kantor Dinas Damkar. Akhirnya Dinas Damkar melakukan serah terima kepada petugas Balai Besar KSDA Riau pada hari yang sama," katanya 
 
Hasil penelitian sementara, buaya itu diketahui jenis  crocodylus porosus atau buaya muara dengan panjang 2,5 meter lebar 50 cm dan jenis kelamin jantan. 
 
"Kemungkinan besar satwa mengalami dislokasi atau tersesat sehingga naik ke daratan. Habitat umumnya berada di dekat muara sungai yang berbatasan langsung dengan lautan dan jika Buaya terus berenang ke hulu maka biasanya mengalami dislokasi," jelasnya.
 
Satwa langsung diamankan di kantor Bidang KSDA Wil 2 untuk dilakukan pemeriksaan  terlebih dahulu sebelum dilepasliarkan kembali ke habitatnya yang jauh dari pemukiman penduduk. (**)