Empat Kloter Jemaah Haji Riau Masih di Arab Saudi, Sembilan Meninggal Dunia

ilustrasi-haji-dan-umrah.jpg
(internet)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sembilan jemaah haji asal Riau meninggal dunia di arab saudi selama musim haji tahun 2019 ini. Meraka ada yang meninggal dunia sebelum tahapan haji dimulai, namun ada juga yang meninggal dunia setelah seluruh rangkaian haji dilaksanakan.

"Terakhir Senin kemarin kita mendapatkan kabar duka, salah seorang jemaah kita atas nama Hamzah Yunus Endai dari kloter 20 asal Kota Pekanbaru meninggal dunian di arab saudi," kata, Kepala Bidang (Kabid) Haji dan Umroh Kanwil Kemenag Riau, H Erizon, Rabu, 28 Agustus 2019.

Eruzon merincikan, sembilan jemaah haji asal Riau yang meninggal dunia di tanah suci tersebut diantaranya adalah Khairil Bin Salim daru kloter 1 Riau asal Kota Pekanbaru. Kemudian dari kloter kloter 2 Riau atas nama Subli bin Muhammad ada Inhil.

Selanjutnya Sugiati Binti Saliman dari kloter 5 Riau asal Inhul. Kemudian Sidi Ali Ramli Yusuf bin M Yusuf dari kloter 1 Riau asal Kota Pekanbaru. Susanah Binti Supandi Harjo Supatmo dari kloter 19 Riau asal Kuansing.

Kemudian Carsih Binti Kadmiyah dari kloter 18 Riau asal Kuantan Singingi. Selanjutnya Hasmi Ruslan Zainud kloter 9 asal Kampar, Usman Mambo Zainal kloter 20 asal Siak dan terakhir Hamzah Yunus Endai dari kloter 20 asal Kota Pekanbaru.

Erizon mengungkapkan, dari 13 kloter jemaah haji asal Riau, saat ini masih tersisa 4 kloter lagi yang masih berada di arab saudi. Yakni kloter 18 asal Rohul, kemudian kloter 19 asal Kuansing dan Siak, selanjutnya kloter 20 gabungan dan kloter 29 asal Inhil dan Kuansing.

"Untuk jemaah haji yang tergabung dalam kloter 18,19 dan 20 saat ini posisinya sudah berada di Madinah," katanya.

Sesuai jadwal kepulangan jemaah haji untuk kloter 18 asal Rohul tanggal 4 September, kemudian untuk kloter 19 asal Kuansing dan Siak tanggal 5 September, selanjutnya untuk kloter 20 gabungan kabupaten kota dijadwalkan akan dipulangkan ke tanah air tanggal 6 september 2019 mendatang.

Sedangkan untuk kloter 29, saat ini masih berada di Mekkah dan diperkirakan baru akan sampai di Madinah tanggal 4 September. Diperkirakan untuk kloter 29 itu pulang ke Indonesia tanggal 15 September dan ini merupakan kepulangan jemaah haji terakhir dari Riau. (*)