Mutasi Pejabat, Kordias: Kalau Ada Calo Jabatan, Tidak Usah Ditanggapi

Kordias-Pasaribu.jpg
(Hasbulah Tanjung)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wakil ketua DPRD Riau Kordias Pasaribu mengingatkan para ASN tidak usah takut dengan mutasi pejabat yang akan dilakukan oleh Gubernur Riau Syamsuar Agustus mendatang.

Menurut legislator asal Pekanbaru ini, Syamsuar sudah pernah menjadi Bupati dua periode sehingga dikatakannya Syamsuar akan paham mana pejabat yang pantas membantunya dalam pemerintahan lima tahun ini.

"Saya tidak melihat pak Syam memiliki track record jual beli jabatan, karena dia bukan sekarang saja jadi kepala daerah. Jadi proses merotasi, penyegaran, menurut saya sudah mengerti lah dia itu," kata Kordias, Senin, 29 Juli 2019.

Syamsuar, lanjutnya, tentu memiliki pertimbangan sendiri memilih pejabat yang bisa bersinergi dengan dirinya dalam menjalankan visi dan misinya sebagai kepala daerah di Riau.

Untuk itu, para pejabat tidak usah takut karena ia yakin Syamsuar akan melakukan mutasi dengan baik. Malah, ketakutan para ASN lah yang menurutnya bisa memancing praktik jual beli jabatan.

"Harapan saya bagi calon kepala OPD yang saat ini menjabat maupun yang akan dipilih tidak perlu takut, sebab orang yang takut itu orang yang tidak memiliki nilai," jelasnya.

Orang yang memiliki nilai dalam artian kemampuan, sampai ke sudut negeri pun pasti akan dipilih oleh Syamsuar, sedangkan orang yang tidak bernilai akan mencoba menyogok.

Sogokan ini, sambungnya, tidak selalu dilakukan oleh kepala daerah namun juga bisa dilakukan oleh orang-orang yang berada dekat dengan kepala daerah.

"Biiasanya orang punya skill, dia tidak akan mau ditawari untuk membeli jabatan, saran saya bagi yang merasa punya skill, kalau ada calo tidak usah ditanggapi, pak Syamsuar tidak sebodoh itu," tutupnya.