Transit di Batam, JCH Kloter I Riau Akan Diterbangkan ke Arab Saudi

jemaah-haji.jpg
(yan)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 450 Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Pekanbaru yang tergabung dalam kelompok penerbangan (Kloter) 1 Riau akan berangkat ke tanah suci, Sabtu (6/7/2019) besok. Sesuai jadwal JCH kloter pertama Riau ini akan diterbangkan pada pukul 10.00 Wib dengan menggunakan pesawat saudi airline. Rombongan JCH asal Riau akan diterbangkan ke Jeddah melalui Bandara Hang Nadim, Batam.

Namun sebelum diterbangkan ke Batam, JCH Riau ini terlebih dahulu masuk asrama haji di Riau. Setelah masuk ke asrama haji, atau embarkasi haji antara Riau, rombongan JCH ini dilakukan pemeriksaan kesehatan dan pengecekan dokumen dan menjalani beberapa rangkaian kegiatan sebelum diberangkatkan ke tanah suci melalui Bandara Hang Nadim, Batam.

"Setelah shalat ashar ada kegiatan pemantapan manasik haji di Embarkasi Haji," kata Kepala Kanwil Kementerian Agama Riau, Mahyudin, Jumat (5/7/2019).

Setelah melakukan pemantapan manasik haji, para JCH ini kemudian masuk ke kamar masing-masing lalu shalat magrib berjamaah dan dilanjutkan makan malam bersama. Kemudian pukul 22.00 Wib, JCH sudah harus keluar dari kamar dan langsung menuju ke ruang keberangkatan.

Di ruang keberangkatan JCH menjalani pemeriksaan x Ray dan Pembagian Paspor. Lalu masuk ke dalam bus untuk diantarkan menuju ke bandara SSK II Pekanbaru. Sesuai Jadwal, Sabtu (6/7/2019) sekitar pukul 01.00 Wib dini hari, ada seremonial acara pelepasan yang dilakukan oleh Pak Gubernur Riau.

Setelah itu barulah JCH dibawa ke Bandara dan diperkirakan akan terbang pada Sabtu (6/7/2019) pukul 04.00 Wib subuh. Untuk JCH kloter pertama ini diterbangkan dengan tiga kali penerbangan. Menggunakan maskapai pesawat lion air. Jarak antara satu penerbangan dengan penerbangan berikutnya adalah 15 menit. Setelah tiba di Bandara Hang Nadim Batam rombongan JCH asal Riau ini akan menunggu di ruang transit dan akan diterbangkan ke Arab Saudi sekitar pukul 10.00 Wib dengan pesawat saudi arabia arline.(*)