Terbentur Aturan FIFA, Ezra Walian Dilarang Tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23

Ezra-resmi-WNI.jpg
(KOMPAS.COM/Dok. Wide Putra.)

RIAUONLINE - Pemain Timnas Indonesia Ezra Walian Dipastikan tidak bisa tampil di Kualifikasi Piala Asia U-23, di Hanoi, Vietnam. FIFA telah mengirimkan surat kepada PSSI yang menegaskan striker naturalisasi ini tidak bisa memperkuat timnas Indonesia U-23.

Sebelumnya status Ezra yang akan tampil di kualifikasi Piala Asia U-23 dipertanyakan saat dilakukan Match Coordination Meeting (MCM). Ezra Walian tidak bisa didaftarkan timnas Indonesia U-23 karena pernah membela timnas Belanda U-17.

Terkait hal tersebut AFC berkonsultasi ke FIFA. Hasilnya FIFA telah mengirim surat kepada Sekjen PSSI, Ratu Tisha Destria, yang menyatakan pelarangan Ezra untuk tampil bersama Timnas Indonesia melihat Statuta FIFA pasal 8 ayat 1.

"Berdasarkan Regulations Governing the Application of the FIFA Statutes, pemain yang memiliki kewarganegaraan baru hanya boleh satu kali meminta pindah kepada asosiasi yang memberikannya hak bermain, antara lain, bahwa pada penampilan penuh atau sebagai pemain pengganti pertamanya di laga internasional resmi untuk asosiasinya, maka dia telah memiliki kewarganegaraan dari tim yang diwakilinya itu," demikian bunyi surat dari FIFA.


"Konsekuensinya, dan berdasarkan data dari dokumen yang dikirimkan, Ezra Walian tidak berhak untuk meminta berpindah asosiasi meski ada fakta dia pindah kewarganegaraan Indonesia setelah bermain dalam laga internasional di kompetisi resmi pertamanya sebagai satu perwakilan dari timnas Belanda," lanjut bunyi surat tersebut.

Sebagai informasi, Ezra dua kali memperkuat Belanda U-17 yaitu pada Uero U-17 2014. Namun, pemain RKC Waalwijk itu juga sudah memperkuat timnas Indonesia sejak dinaturalisasi pada 2017 lalu.

Ezra memperkuat timnas Indonesia saat melawan Myanmar pada 21 Maret 2017 dan SEA Games 2017 bersama timnas Indonesia U-22 yang berlangsung di Malaysia.

Artikel ini lebih dulu tayang di Suara.com dengan judul: Ezra Walian Tidak Bisa Main di Kualifikasi Piala Asia U-23