Rp 5 Miliar Digelontorkan Untuk Penanggulangan Stunting di Riau

Kepala-Dinas-Kesehatab-Riau-Mimi-Yuliani-Nazir.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/AZHAR SAPUTRA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, untuk memberantas masalah stunting di Provinsi Riau, Kementerian Kesehatan telah menggelontorkan anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Dua daerah menjadi fokus pengendalian masalah stuntung di Riau yakni Kabupaten Kampar dan Rokan Hulu. "Negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) menyiapkan Rp 5 miliar untuk itu," katanya, Kamis, 14 Maret 2019.

Melalui dana tersebut, dua wilayah itu akan dijadikan pembelian makanan tambahan bagi ibu hamil.

"Tahun lalu makanan tambahan di droping dari pusat. Setiap tahun ada penambahan. Pasokan ini khusus untuk lokasi stanting saja," sebutnya kembali.

Sebelumnya, Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau mengaku untuk di tahun ini akan fokus menuntaskan masalah Stunting (kerdil) hingga mencakup dua wilayah sekaligus.

Wilayah itu diantaranya Kabupaten Kampar dam Rokan Hulu. Kepala Dinkes Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan penetapan dua bagian itu sudah merupakan bentuk intervensi dari Kabupaten dan Kota yang menginginkan penyebarannya tidak semakin meluas.

"Karena untuk setiap tahunnya ada intervensi supaya tidak ada peningkatan stunting di Riau. Selain itu penetapannya juga dilakukan dari hasil penelitian pusat data informasi Depkes," sebutnya, Rabu, 13 Maret 2019.