678 Personel Amankan Debat Kandidat Pilgubri

Debat-publik-antar-4-Paslon-Pilgubri.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/HASBULLAH TANJUNG)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Sebanyak 678 personel Polri dan TNI dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan debat kandidat calon Gubernur dan Wakil Gubernur Riau 2018 di Hotel Labersa, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar, Jumat malam, 22 Juni 2018.

"Ada 678 personel gabungan yang diturunkan untuk debat kandidat malam ini," kata Kabid Humas Polda Riau, Kombes Pol Sunarto.

Sunarto menjelaskan, personel tersebut terdiri dari 613 anggota Polri dan 65 dari TNI. Dari Polri sendiri, tidak hanya dari Polda, melainkan dari Polresta Pekanbaru, dan Polres Kampar.

"Sebanyak 207 personel dari Polda, 208 dari Polresta Pekanbaru, dan 198 personel dari Polres Kampar. Kemudian dibantu dari TNI sebanyak 65 personel," tutur Sunarto.

Proses pengamanan dimulai dari kediaman para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur hingga tiba di lokasi acara. "Tiap pasangan calon akan didampingi personel," kata Sunarto.


Selain itu, bagi pengunjung lainnya juga akan dilakukan pemeriksaan badan dan barang bawaan. ''Selain paslon, pengunjung kita periksa sebelum masuk,'' sebutnya.

Kapolres Kampar, AKBP Andri Ananta mengatakan, pola pengamanan nanti tak jauh beda seperti yang diterapkan pada debat kandidat sebelumnya. Pengamanan dibagi menjadi tiga ring, antara lain di dalam, lobi dan luar hotel.

"Bagian dalam itu tempat debat kandidat digelar, kemudian ring dua di lobi dan ring tiga di luar. Kita juga pasang security door di pintu yang menjadi akses masuk. Di sana dilakukan proses pemeriksaan terhadap undangan," katanya.

Sesuai kesepatakan sebelumnya dengan KPU, Bawaslu dan stakeholder lainnya, undangan yang hadir memang dibatasi. Masing-masing pasangan calon hanya diperbolehkan membawa 150 tim sukses. "Jadi kita periksa undangannya untuk ditukar dengan ID card," kata dia.

Terpisah, Kapolresta Pekanbaru Kombes Pol Susanto mengungkapkan, pihaknya ikut membantu pengamanan debat kandidat. Personel Polresta Pekanbaru, terfokus di rute menuju Hotel Labersa serta pengamanan masing-masing paslon.

Debat kandidat diikuti empat pasangan calon. Mereka adalah pasangan calon nomor urut 1, Syamsuar-Edy Natar Nasution. Nomor urut 2 pasangan Lukman Edy-Hardianto, pasangan nomor urut 3, Firdaus-Rusli Effendi dan nomor urut 4, Arsyadjuliandi Rachman dan Suyatno. (***)