2021, Dana Desa Untuk Kuansing Naik Rp 1 Miliar

napis.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kuansing, Napisman mengatakan, dana desa (DD) Tahun 2021 naik sekitar Rp 1 Miliar dibanding tahun ini.

"Tahun 2020 dana desa hanya Rp 175 miliar dan pada 2021 naik menjadi Rp 176 miliar. Naik lebih kurang Rp 1 miliar," ujar Napisman, Selasa, 3 November 2020.

Dia mengatakan, kenaikan tersebut dimaksimalkan untuk pemulihan ekonomi secara nasional sesuai kewenangan skala desa di Kabupaten Kuansing.

"Dana desa 2021 diminta lebih dioptimalkan untuk pemulihan ekonomi nasional sesuai dengan kewenangan desa," kata Napisman.

Seperti misalnya, digunakan untuk pembentukan dan pengembangan Bumdes ditingkat desa. Tujuannya untuk memacu pertumbuhan ekonomi desa tahun depan.

Kemudian dana desa tahun depan juga digunakan untuk peningkatan ekonomi produktif, sehingga dapat mewujudkan konsumsi dan produksi desa berbasis lingkungan. Seperti meningkatkan sektor usaha pertanian di tingkat desa.

"Jadi untuk 2021 dari dana desa untuk infrastruktur dikurangi. Dana desa lebih untuk pemulihan ekonomi masyarakat," pungkas Napisman.

Di Kuansing sendiri ada 218 jumlah desa dan 11 kelurahan. Dan pada tahun 2020 ini seluruh desa tersebut mendapatkan Rp 175 Miliar dana desa.