Kasus Positif Covid-19 di Kuansing Tembus 100 Pasien, Jubir Mulai Irit Beri Data

Data-covid.jpg
(Pemkab Kuansing)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kasus positif Covid-19 di Kuansing total sudah mencapai 100 kasus sampai dengan, Sabtu, 19 September 2020.

Dengan rincian 15 masih dirawat, 21 isolasi, 62 sembuh dan 2 meninggal dunia.

Sementara untuk suspek total ada 80 kasus dengan rincian 1 masih dirawat, 65 sembuh dan 14 meninggal dunia. Dari tabel data Covid-19 Kabupaten, ada 93 orang pelaku perjalanan (PP) masih melakukan isolasi mandiri.

Kasus Covid-19 di Kabupaten Kuansing beberapa minggu terakhir memang terus bertambah. Pada Jumat, 18 September 2020 kemarin ada 8 penambahan kasus baru Covid-19.

Sayangnya, Gugus Tugas (GT)  Kabupaten mulai irit memberikan data. Jubir GT Kabupaten tidak mengumumkan  nama-nama pasien yang terkonfirmasi positif tersebut yang biasa disampaikan melalui Grup WhatsApp.

Tidak seperti sebelumnya, GT Kabupaten lebih terbuka dan sekarang tiba-tiba mulai tertutup ketika dimintai data.

Jubir GT Kabupaten hanya menyampaikan adanya tiga pegawai terkonfirmasi positif Covid-19 tapi tidak lengkap dengan inisial nama dan di kecamatan mana mereka berdomisili. 

 Jubir GT Kabupaten dr Amelia ketika di tanyakan kenapa tidak update terhadap data pasien. "Bukannya sudah di update pak Asisten," katanya singkat. 


Secara terpisah, Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Kesehatan Kuansing, Helmi Ruspandi mengatakan, memang ada penambahan 8 kasus baru pada Jumat kemarin. "Tiga dari pegawai. Total semua kemarin itu ada 8 orang terkonfirmasi positif," kata Helmi, Sabtu sore tadi.

Helmi mengatakan swab terhadap 8 orang tersebut keluar pada Jumat kemarin. "Swabnya dilakukan di kita (Kuansing,red), dan Jumat baru keluar hasilnya," katanya.

Dia menambahkan, belum dapat dipastikan dari mana 8 orang ini bisa terpapar Covid-19. "Kabarnya memang ada riwayat perjalanan keluar kota, tapi in