Bappeda Litbang Kuansing Dimita Pahami Tupoksi Masing-masing OPD

Lpj-kuansing.jpg
(istimewa)

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kuansing meminta Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Penelitian Pembangunan (Bappeda Litbang) berperan aktif untuk memahami tugas dan fungsi masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemkab Kuansing.

Hal tersebut disampaikan Juru Bicara DPRD Kuansing, Darmizar saat menyampaikan pandangan akhir DPRD Kuansing terkait Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPj) Bupati Kuansing Tahun 2019, Rabu, 8 Juli 2020 lalu.

"Terkait dengan penetapan penganggaran pada OPD, Bappeda Litbang harus berperan aktif dan memahami tugas dan fungsi masing-masing OPD," kata Darmi.

Selain itu, disampaikan Darmizar, Bappeda Litbang juga harus berkoordinasi dengan OPD agar sesuai pelaksanaan kegiatan dengan anggarannya, sehingga kegiatan prioritas OPD dapat terakomodir.

Selanjutnya Dinas Kominfo Kuansing, disampaikan Darmi, perlunya pengawasan legalitas media dan penyelesaian terhadap media-media yang bekerjasama dengan pemda. Kominfo juga harus melakukan koordinasi dan kerjasama dengan OPD dan lembaga terkait dalam pengembangan penyiaran dan informasi yang dibutuhkan oleh masyarakat.

Kemudian Dinas Perumahan Permukiman dan Pertanahan, Dewan menyarankan untuk melakukan koordinasi terkait program sehingga tidak terjadi tumpang tindih terutama dengan alokasi dana desa (ADD).

Selanjutnya untuk program tanggap bencana terutama bantuan perbaikan rumah harus selesai dan tepat sasaran. Dan Dinas Perkimtan juga harus melakukan pemantauan dalam pelaksanaan program pembangunan Pansimas.

"Karena pelaksanaan masih ada yang belum selesai dalam jangka yang telah ditetapkan dan penggunaannya belum bisa di fungsikan," kata Darmi.

Untuk Dinas Penananam Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, berdasarkan UU Nomor 13 Tahun 2003 tentang ketenagakerjaan dan Permen Ketenagakerjaan Nomor 39 Tahun 2016 tentang penempatan tenaga kerja.

Dewan berharap, Dinas agar memprioritaskan tenaga kerja lokal pada perusahaan- perusahaan yang beropersi diwilayah Kabupaten Kuansing.

Dinas Perhubungan, dengan fasilitas pengujian yang sudah ada saat ini, Dewan memandang sangat prioritas sekali untuk memenuhi persyaratan beroperasinya pengujian kendaraan yang berada di desa Jake. Dewan berharap fasilitas pengujian tersebut dapat melayani masyarakat dalam tes uji berkala kendaraan terutama di Kuansing.

Kemudian Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat dan Desa, Dewan memberi rekomendasi agar ditingkatkan lagi program kegiatan yang menyentuh langsung ke masyarakat. Dinsos PMD juga harus mengawasi dengan baik kegiatan UED SP dan segera menyelesaikan pertanggungjawabannya.