Stok Alat Tes Swab di Kuansing Hanya Tersisa 20 Buah

swab-kuansing.jpg
(FB: Anna Nurfia)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Stok alat untuk tes swab di Kabupaten Kuansing hanya tinggal 20 buah. Dimana alat tes tersebut digunakan untuk pengambilan sampel lendir dari saluran pernapasan. Caranya dengan mengusap tenggorokan melalui mulut dan hidung.

Biasanya setelah dilakukan pengambilan swab maka akan diuji kebenarannya di laboratorium. Nanti akan diketahui hasilnya apakah Positif atau Negatif Covid-19.

"Kita hanya ada 20 buah, itu minta ke Provinsi," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kuansing, Jumardi, Kamis, 18 Juni 2020.

Jumardi mengatakan, 20 buah alat tes swab tersebut untuk persiapan di RSUD Teluk Kuantan. Alat tersebut tidak bisa dipakai untuk swab tes di dua desa di Singingi Hilir. "Itu khusus persiapan di RSUD, tinggal 20 lagi," katanya.

Untuk tes swab massal nanti, kata Jumardi, kita menunggu alat dari Pekanbaru. "Mungkin minggu depan, kita sudah surati Provinsi, kita minta mereka turun," katanya.

Dia memperkirakan ada ratusan yang akan dilakukan swab di dua desa di Kecamatan Singingi Hilir. Selain yang tercatat hasil tracing beberapa hari ini, juga kemungkinan ada yang lain terutama di lingkungan perusahaan.

"Ratusan orang diperkirakan, sekitar 200-250 orang di dua desa ini. Hasil tracing ada sekitar 80 orang yang tercatat. Tapi ada yang lain di perusahaan juga akan kita ambil swab," katanya.