Pemkab Kuansing Belum Lakukan Swab Massal di Dua Desa

swab-kuansing.jpg
(FB: Anna Nurfia)

Laporan: ROBI SUSANTO 

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Hingga kini Pemkab Kuansing masih belum melakukan swab massal di dua desa Beringin Jaya dan Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir. Dua desa tersebut sebelumnya terdapat warga konfirmasi positif Covid-19.

"Swab massal belum, ini masih menunggu alat dari Pekanbaru, mungkin minggu depan, harinya kita belum tahu. Kemarin orang dari Provinsi katanya belum sempat," ujar Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Diskes Kuansing, Jumardi, Kamis, 18 Juni 2020.

Berdasarkan hasil tracing (pelacakan) yang dilakukan Dinas Kesehatan Kuansing bersama Puskesmas setempat dan dibantu Pemerintahan desa sebanyak 80 warga tercatat diduga pernah kontak langsung dengan tiga konfirmasi positif asal Beringin Jaya dan Suka Maju.

Jumardi mengatakan, hasil tracing terhadap 80 orang tersebut semuanya tanpa gejala. Hingga kini, katanya, pihaknya belum menerima ada keluhan dari hasil tracing 80 orang tersebut.

"Kita sudah minta pihak Puskesmas untuk mengawasi orang-orang ini dan sudah diminta untuk menjalankan isolasi mandiri di rumah. Seandainya ada gejala kita sudah minta Puskesmas cepat melaporkan dan bisa langsung kita swab," katanya.

Jumardi menambahkan, pelaksanaan swab massal di dua desa nanti diperkirakan jumlahnya bisa mencapai 200-250 orang di luar dari hasil tracing yang tercatat.

"Ini kan masih ada dilakukan tracing, mungkin di lingkungan perusahaan nanti juga dilakukan swab, maka jumlahnya bisa jadi 200-250 orang," katanya.

Dikatakan Jumardi, untuk pelaksanaan swab massal sendiri memang mengandalkan Pemprov Riau, mengingat Kuansing tidak memiliki peralatan swab massal. "Alat itu kan Provinsi yang punya, kita mengandalkan Provinsi, karena itu sudah intruksi Gubri," katanya.

Jumardi mengaku belum mendapatkan kepastian kapan hari H pelaksanaan swab massal digelar di dua desa di Kecamatan Singingi Hilir ini. "Harinya belum pasti, kita masih tunggu jadwal Provinsi, kita tergantung ke Provinsi karena anggaran mereka, kalau kita sampai kini belum jelas anggarannya," katanya.

Diberitakan sebelumnya, ketiga konfirmasi positif Covid-19 semuanya berasal dari Kecamatan Singingi Hilir masing-masing Tn GH (45) merupakan pasien 122 positif Covid-19 di Riau. Tn RS (45) pasien 123 positif Covid-19 di Riau dan Ny RM (42) pasien 124 positif Covid-19 di Riau.

Dua merupakan warga Beringin Jaya dan satu lagi warga Suka Maju, Kecamatan Singingi Hilir. Ketiganya ditetapkan positif Covid-19 pada Sabtu, 13 Juni 2020 lalu. Dan kini masih dirawat di RSUD Teluk Kuantan. Ketiganya juga orang tanpa gejala (OTG).