2.980 Warga Kuansing Diusulkan Jadi Calon Penerima Kartu Prakerja

prakerja.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO


RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Berdasarkan rekap Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau terdapat 162.620 orang diusulkan sebagai calon penerima program kartu prakerja. Dari jumlah tersebut sebanyak 2.980 merupakan warga Kabupaten Kuansing.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja (DPTPMSPTK) Kuansing, Mardansyah mengatakan, memang sesuai rekap Dinas Tenaga Kerja Provinsi Riau ada 2.980 orang warga Kuansing diusulkan menjadi calon penerima kartu prakerja.

Jumlah tersebut menurut Mardan, sebagian pendataannya dilakukan oleh dinas di Kuansing dan sebagian lagi ada warga yang langsung mendaftar secara online pendataannya melalui Provinsi. "Totalnya 2.980 orang, itu yang terekap di Naker Provinsi," ujar Mardansyah melalui pesan Whatshap, Sabtu, 11 April 2020.

Mardan mengatakan, saat ini pendataan melalui dinas maupun pendataan secara online melalui Provinsi sudah ditutup karena sudah melebihi kuota. Dimana kuota untuk Provinsi Riau yang diberikan pusat hanya 92.893 orang. Sementara saat ini jumlah  sudah melebihi kuota dengan total 162.620 orang.  

"Pendaftaran tahap 1 dan 2 sudah melebihi kuota, karena Riau hanya dapat kuota 92.893," katanya.

Mardan mengatakan, data calon penerima kartu prakerja yang dikirim Provinsi ke pusat tersebut belum final, karena masih ada proses selanjutnya akan dilakukan verifikasi terhadap calon penerima.

"Yang sudah mendaftar belum tentu dapat, bisa jadi mereka sudah dapat bantuan PKH, BLT dan bantuan dari Kemensos lainnya," katanya.

Calon penerima kartu prakerja diutamakan bagi warga yang terdampak Covid 19 mulai dari pekerja sektor formal korban PHK, pekerja harian disektor formal, informal korban PHK dan kesulitan usaha, UMKM dan koperasi yang mengalami kesulitan usaha, TKI yang dipulangkan.

Mardan mengatakan, namun bagi warga Kuansing yang belum terdata tidak usah khawatir karena rencana hari ini (Sabtu,red) pemerintah akan melakukan launching  program kartu prakerja melalui situs prakerja.go.id.

"Setelah di launching oleh pemerintah nanti bisa daftar secara online melalui prakerja.go.id," kata Mardan.

-->