2020, Objek Wisata Batang Koban Bakal Miliki Dermaga

batang-koban.jpg
(istimewa)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Tahun 2020, Pemerintah Pusat mengucurkan Dana Alokasi Khusus (DAK) Fisik sebesar Rp3,4 Miliar untuk pembangunan Pariwisata di Kabupaten Kuansing.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Kuansing, Indra Suandy mengatakan, ada dua lokasi yang akan dibangun menggunakan DAK Fisik Tahun 2020 yang dianggarkan pemerintah pusat.

Pertama katanya, untuk pembangunan dermaga keberangkatan menuju Objek Wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban di Kecamatan Hulu Kuantan.

"Tahun depan akan dibangun dermaga keberangkatan, dan kini lahannya tengah dicari oleh pak Camat," ujar Indra Suandy kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 16 Desember 2019.

Menurutnya, lahan untuk dermaga keberangkatan ini memang membutuhkan lokasi yang cukup luas. Karena selain akan menjadi tempat keberangkatan menuju objek wisata Batang Koban, juga akan dibangun lahan parkir kendaraan dan bangunan tempat menjual tiket menuju objek wisata tersebut.

"Jadi akan ada rumah karcis dan juga kandang untuk tempat boat juga akan dibangun sekalian," katanya.

Indra menambahkan, untuk boat sendiri sekarang baru ada satu dan rencana tahun depan akan ditambah satu lagi.

"Tahun depan sudah ada dua boat stanbay disana, satu untuk mengantar dan satu lagi stanbay di Batang Koban mengantar pengunjung pulang," katanya.

Kemudian DAK nanti juga untuk pembangunan sarana dan prasarana penunjang di objek wisata Danau Koto Kari, Kecamatan Kuantan Tengah.

"Dananya nanti bisa sebagian untuk pembangunan dermaga keberangkatan di Batang Koban dan sebagian untuk Danau Koto Kari," pungkasnya.

Indra menyampaikan, untuk di Danau Mesjid Koto Kari nanti rencana akan dibangun kios dan jalan setapak disekeliling danau.

Dia mengatakan, dua tahun terakhir pada 2019 dan 2020 ini memang Kuansing mendapatkan kucuran DAK dari pusat. DAK tahun 2020 lebih besar dari 2019.

"Cuma DAK 2019 itu untuk non fisik dan DAK 2020 khusus untuk fisik," katanya.

Sementara tahun ini Pemkab Kuansing juga tengah membangun fasilitas darmaga tepatnya dibagian hulu di objek wisata Batang Koban menggunakan APBD Kuansing 2019.

"Jadi dermaga penunjang sudah dibangun 2019 ini di objek wisata Batang Koban, fisiknya langsung dikerjakan Dinas PUPR," kata Indra.

Dilihat dari laman LPSE Kabupaten Kuansing kegiatan fasilitas pembangunan dermaga Objek Wisata Air Terjun Tujuh Tingkat Batang Koban dikerjakan oleh CV Abdul dengan nilai kegiatan sekitar Rp 1,8 Miliar, dengan sumber dana APBD Kuansing.