Peduli Korban Banjir, Kapolsek Cerenti Naik Perahu Salurkan Bantuan

kapolsek-cerenti.jpg
(robi)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Sulitnya akses mencapai rumah korban banjir di sejumlah desa di Kecamatan Inuman, Kabupaten Kuansing, membuat Kapolsek Cerenti AKP Lumban G Toruan bersama anggota dan petugas dari SPBU harus menggunakan perahu untuk bisa menyalurkan bantuan langsung kepada masyarakat.

Di mana di sejumlah wilayah di Kecamatan Cerenti sendiri mulai terendam banjir pada Rabu malam lalu. Dan kini masih ada desa yang terdampak oleh banjir. Banjir selain merendam rumah warga, juga merendam akses jalan menuju desa dan lahan pertanian.

"Di Kecamatan Cerenti ada sekitar 7 desa yang terdampak banjir luapan Sungai Kuantan," ujar Kapolres Kuansing AKBP Henky Poerwanto melalui Kapolsek Cerenti AKP Lumban G Toruang melalui keterangan tertulisnya, Sabtu, 14 Desember 2019.

Lumban menyampaikan, rumah yang terendam banjir di 7 desa tersebut berjumlah sekitar 170 rumah.
Di antaranya Desa Sikakak 20 unit, Pulau Jambu, 40 unit, Pulau Bayur 37 unit, Teluk Pauh 20 unit, Pulau Panjang 16 unit, Tanjung Medan 25 unit dan Pesikaian 12 unit.

Kemudian di Kecamatan Inuman jumlah rumah yang terendam pada Sabtu tadi mencapai 698 rumah, dengan rincian Desa Pulau Busuk Jaya 36 unit, Pulau Busuk 67 unit, Pulau Busuk Seerang 195 unit.

Selanjutnya, Desa Pulau Sipan 170 unit, Ketaping Jaya 120 unit, Bedeng Sikuran 11 unit, Banjar Nan Tigo 16 unit dan Pulau Panjang Hilir 83 unit. Selain itu juga ada satu unit Poskesdes di Desa Pulau Busuk Seberang yang turut terendam banjir.

Selain menyerahkan bantuan kepada sejumlah korban banjir, pihaknya juga melakukan monitoring terhadap debit air Sungai Kuantan.

Disampaikan Kapolsek, ketinggian air tadi lebih kurang 20 cm dibeberapa pemukiman masyarakat.
Kemudian ada beberapa warga yang mengungsi kerumah keluarga akibat rumahnya terendam banjir dan tidak bisa ditempati.

Kemudian kondisi di jalan lintas di Desa Pulau Busuk, Pulau Sipan, Pulau Panjang dan Pulau Jambu kondisinya air sudah menggenangi jalan lebih kurang 20 cm. "Lalu lintas lancar masih bisa dilewati kendraan," katanya.

Hingga kini kata Lumban, kondisi air Sungai Kuantan masih saja dalam posisi bertahan. "Anggota kita tetap monitor dilapangan," katanya.

Kemudian bantuan yang sudah disalurkan tadi kata Lumban sebanyak 215 kantong paket sembako. Dan sudah diserahkan kepada korban banjir dibeberapa desa baik di Kecamatan Cerenti maupun di Inuman.