Aktual, Independen dan Terpercaya


Kuansing Utus 56 Kafilah Pada MTQ Provinsi Riau di Kampar

Ilustrasi-MTQ.jpg
(Harian Singgalang)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau mengutus sebanyak 56 Kafilah mengikuti
Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Riau ke-38 Tahun 2019 di Kabupaten Kampar.

Asisten II Setdakab Kuansing Wariman mengatakan, saat ini 56 kafilah tersebut sudah terdaftar secara faktual mengikuti MTQ tingkat Provinsi Riau Tahun 2019 di Kampar.

Rencananya 56 kafilah tersebut akan diberangkatkan dari Kabupaten Kuansing pada Sabtu, 23 November 2019. Keberangkatan 56 kafilah Kuansing akan dilepas langsung Bupati Kuansing H Mursini.

"Rencana pelepasan nanti akan digelar di halaman Mesjid Agung langsung dihadiri oleh pak Bupati," ujar Wariman kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 20 November 2019.

MTQ Tingkat Provinsi Riau nanti kata Wariman, ada 8 cabang yang akan diikuti oleh Kuansing diantaranya cabang Tilawah Al Quran, Hitzhil Al Quran, Khattil Al Quran, Syahril Al Quran, Fahmil Al Quran, Tafsil Al Quran, Musabaqah Hafalan Al Quran, dan Musabaqah Hafalan Hadits.

Dengan rincian untuk cabang Tilawah Al Quran mengikutsertakan 18 orang, cabang Hitzhil Al Quran 9 orang, cabang Khattil Al Quran 8 orang, Syahril Al Quran diikuti 6 orang, Fahmil Al Quran 6 orang, Tafsil Al Quran 3 orang, Musabaqah Hafalan Al Quran 2 orang,  Musabaqah Hafalan Hadits 4 orang.

"Semua peserta yang mewakili Kuansing pada MTQ di Kampar nanti sudah menjalani training. Kita berharap peserta yang ikut ini bisa mengharumkan nama Kuansing," harap Wariman.  

Meskipun kata Wariman, pemerintah tidak memberi target khusus kepada peserta yang ikut pada MTQ tingkat Provinsi Riau tahun ini. "Tidak ada target khusus, kita berharap bisa memperbaiki peringkat nantinya," pungkasnya.

Selanjutnya untuk pawai pembukaan nanti tambah Wariman, akan  ada sebanyak 516 orang dari Kabupaten Kuansing terdiri dari Kepala OPD beserta istri, Kabag beserta istri, Sekretaris OPD, Kepala Bidang, Camat, Kades, Ormas dan lainnya.

"Nanti juga ada sekitar 50 orang yang akan membawa jambar ikut meramaikan pawai MTQ Tingkat Provinsi di Kabupaten Kampar," tutupnya.