Pemkab Kuansing Usul 14,5 Km Jalan Melalui Bankeu ke Pemprov Riau

Proyek-Infrastruktur-di-Kuansing.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ROBI SUSANTO)

Laporan: ROBI SUSANTO

RIAU ONLINE, TELUK KUANTAN - Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) mengusulkan pembangunan jalan sepanjang 14,5 kilometer menggunakan dana Bantuan keuangan (Bankeu) Provinsi Riau Tahun 2020.

"Provinsi sudah turun melakukan verifikasi lokasi," ujar Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas PUPR Kuansing melalui Kepala Bidang Bina Marga, Jafrison kepada RIAUONLINE.CO.ID, Senin, 5 November 2019 lalu.

Ruas jalan kabupaten diusulkan tersebut, pertama ruas jalan menuju Desa Pangkalan Indaruang, Kecamatan Singingi.

Jafrison mengatakan, pada ruas ini masih ada sekitar 7,5 kilometer lagi harus dilakukan peningkatan menjadi jalan aspal terutama sebelum memasuki kampung.

"Ada sekitar 7,5 kilometer lagi belum dibangun, kita usulkan dibangun jalan aspal menggunakan Bankeu Provinsi," ujar Jafrison.

Kemudian ruas jalan Koto Rajo-Pulau Jambu Cerenti, pada ruas jalan ini juga diusulkan pembangunannya melalui Bankeu Riau Tahun 2020.

"Kita usulkan sepanjang 7 kilometer supaya dibangun menggunakan Bankeu Provinsi, tidak aspal tapi kita usulkan dibangun jalan rigid," jelasnya.

Dimana pada tahun ini kata Jafrison, ruas jalan Koto Rajo - Pulau Jambu dibangun jalan rigid sepanjang 2 kilometer melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).

"Mudah-mudahan sambungannya bisa tahun depan dibangun menggunakan Bankeu," harap Jafrison.

Apabila disetujui Provinsi nantinya, maka ruas jalan mulai dari Koto Rajo-Pulau Jambu bakal mulus sampai ke perbatasan Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu).

Ruas jalan ini akan melintasi tiga Kecamatan mulai Kuantan Hiir, Inuman, dan Cerenti. Ruas jalan ini juga melalui sejumlah desa mulai dari Koto Rajo, Pulau Kulur, Pulau Baralo, Seberang Pulau Busuk, Pulau Sipan, Pulau Panjang Hulu, Pulau Panjang Hilir, Ketaping Jaya dan Pulau Jambu.

Apabila jadi dibangun dipastikan akan membuat akses masyarakat ditiga Kecamatan mulai Kuantan Hiir, Inuman, dan Cerenti semakin mudah serta perekonomian akan cepat tumbuh dan menjadi berkembang.