Banjir Melanda Inhu, Seorang Warga Hanyut

Air-Sungai-Subayang-Meluap.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Pascabencana banjir menerjang Kabupaten Kampar, Kuantan Singingi (Kuansing) dan Rokan Hulu, kini giliran Indragiri Hulu yang terdampak. Satu orang warga dikabarkan hanyut dan hilang.
Berdasarkan informasi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Riau, paling tidak ada 5 kecamatan yang kini dilanda banjir.

 

Kepala BPBD Riau, Edwar Sanger mengatakan, banjir disebabkan oleh naiknya volume air Sungai Indragiri. "Kecamatan yang kini terendam itu paling tidak itu Kecamatan Kelayang, Sungai Lala, Pasir Penyu, Rengat dan Kuala Cenaku. Untuk kedalaman airnya itu bervariasi. Kalau dari laporannya paling dalam katanya sekitar 1 meter," ujar Edwar kepada wartawan, Senin (15/2/2016).

 

(Baca Juga: Satu Jiwa Nyawa Korban Banjir Kampar Peroleh Rp 15 Juta

 

Akibat banjir tersebut satu orang dikabarkan hanyut terbawa arus banjir. Korban hilang bernama Abdul kadir, berusia 65 tahun. Abdul berasal dari Desa Semelinang Tebing, Kecamatan Peranap.

 

"Kronologisnya hari Minggu (14/2/2016) malam kemarin korban hendak buang air besar di sungai. Lalu korban terpeleset dan terjatuh ke sungai. Waktu kejadian sekitar pukul 23.30 wib, dan hingga kini korban belum ditemukan. Pagi ini pencarian dilakukan terhadap korban. Kami sudah berkoordinasi dengan TNI dan Polri untuk membantu masyarakat dan BPBD baik provinsi dan kabupaten untuk mencari korban," ungkap Edwar.

 

Untuk lokasi detail banjir di 5 kecamatan di Kabupaten Indragiri Hulu antara lain Kecamatan Kelayang desa yang terendam banjir adalah Desa Simpang Kelayang, Pulau Sengkilo, Dusun Tua, Koto Medan dan Dusun Dua Pelang.

 

Kecamatan Sungai Lala, desanya antara lain, Desa Kuala Lala, Pasir Kelampaian, Pasir Batu Mandi, Pasir Selabau, Pasir Bongkal, Tanjung Danau dan Desa Morong.

 

"Kalau di Kecamatan Pasir Penyu kedalaman banjirnya yang cukup parah antara lain, Desa Pasir Keranji jalanan terendam 400 meter dengan kedalaman 80cm. Lalu SDN 015 kedalamannya 50 cm. Lalu ada 10 unit rumah yang terendam banjir. Serta puluhan rumah lain tergenang air dengan kedalaman hampir semeter," terang Edwar.

 

(Klik Juga: Cacat, Ini Janji Menteri Sosial ke Korban Banjir di Riau

 

Desa lain selain 3 desa tersebut juga ada Desa Petalongan, Lembah Dusun Gading, Batu Gajah dan Air Molek I. Kondisi air masih terus naik volumenya.

 

"Kecamatan Rengat yakni, Desa Sungai Raya, Desa Sungai Suntung Tengah, Desa Sungai Guntung Hilir juga naik. Lalu Kecamatan Kuala Cenaku rinciannya Desa Tambak dan Pulau Gelang. Sementara ini belum ada pengungsi yang dievakuasi dari rumahnya karena rumah-rumah yang ada sekarang masih belum terlalu dalam banjirnya," tandasnya.

 

Sukai/Like Fan Page Facebook RIAUONLINE dan Follow Twitter @red_riauonline