Klaster Perusahaan di Pelalawan, Hasil Skrining Ditemukan 27 Positif covid-19

mimi-kadinkes.jpg
(Lukman)

Laporan: LUKMAN PRAYITNO

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satgas Covid-19 Riau menemukan kemunculan klaster baru dari hasil Skrining salah satu Perusahaan di Kabupaten Pelalawan. Setidaknya dari 31 kasus tambahan terkonfirmasi positif covid-19 di Pelalawan, 27 di antaranya merupakan hasil skrining di salah satu perusahaan yang beroperasi di Pelalawan.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir mengatakan, penyebab banyaknya tambahan covid-19 di Riau sesuai data per 31 Agustus 2020, salah satunya terjadi lonjakan di Kabupaten Pelalawan.

"Lonjakan kasus ini merupakan hasil skrining di salah satu perusahaan di Pelalawan. Ini juga berdasarkan hasil swab pada Senin (31/8/2020) dengan hasil terkonfirmasi Covid-19," ungkap Mimi.

Mimi mengatakan, para pasien hasil skrining tersebut tidak semuanya merupakan karyawan, tetapi ada juga keluarga para karyawan. Namun saat ini semuanya sudah diisolasi seusai kondisi kesehatannya.

"Ada juga pasien balita 4 tahun berinisial AIS waga Pelalawan, saat ini sudah isolasi mandiri. AIS melakukan pemeriksaan pemeriksaan swab di Kota Pekanbaru pada 31 Agustus 2020 dengan hasil terkonfirmasi positif covid-19," ungkap Mimi.

Sementara itu, selain terjadi lonjakan kasus di Pelalawan, Kota Pekanbaru masih penyumbang tertinggi kasus covid-19. Dari 82 kasus se-Riau, 38 di antaranya merupakan warga Kota Pekanbaru.

"Kemudian dari Kabupaten Kampar ada 3 kasus, Rokan Hulu 3 kasus, Kota Dumai 2 kasus. Kabupaten Bengkalis dan Siak masing-masing bertambah 1 kasus. Sisanya sebanyak 3 pasien merupakan warga luar daerah," jelas Mimi.