Harga Bahan Pokok di Pekanbaru Masih Tinggi Usai Kenaikan BBM

Bahan-Pokok5.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)


RIAUONLINE, PEKANBARU - Kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) sudah berlangsung dua minggu lebih. Namun harga bahan pokok di pasaran Kota Pekanbaru terbilang masih tinggi.

Harga cabai merah masih tinggi di kisaran harga Rp 60.000 hingga Rp 65.000 per kilogram. Harga bawang merah masih stabil di harga Rp 32.000 per kilogram.

Sedangkan harga telur ayam ras berkisar Rp 1.700 per butir. Harga ini terbilang masih tinggi walau turun dari harga sebelumnya yang sempat mencapai Rp 2.000 per butir.

Sedangkan harga ayam ras juga merangkak naik dari Rp 19.000 menjadi Rp 23.000 per kilogram. Kenaikan sejumlah harga kebutuhan ini membuat kaum ibu mengeluh.

 

 

"Cabai udah mulai standar, tapi ya masih termasuk mahal. Belum lagi yang lainnya malah naik, pusing kita," kata Erni kepada RIAUONLINE, Senin, 19 September 2022.

Warga Kecamatan Senapelan ini berharap ada solusi dari kenaikan harga bahan pangan yang masih berlangsung hingga kini. Ia berharap harga bahan pangan yang mahal bisa normal kembali.

Sementara itu, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kota Pekanbaru, Ingot Ahmad Hutasuhut, mengklaim bahwa sebagian besar bahan pokok sudah mulai mengalami penurunan harga.

Harga cabai mengalami penurunan setelah sempat menyentuh harga Rp 80.000 per kilogram.

 

 

"Penyabab fluktuasi harga belum bisa kita pastikan, apalagi pasokan dan panen masih baik," jelasnya.

Dirinya menyadari panen bahan pangan dari luar Provinsi Riau masih kondisi baik walau harga pupuk sejumlah daerah masih cukup tinggi.

"Dalam kondisi ini harga masih bisa mengalmi penurunan dibandingkan sebelumnya," ucapnya.