Presiden dan Pejabat Sudah Divaksin, Sopir Pembawa Vaksin Malah Belum

sopir-pembawa-vaksin.jpg
(WAYAN SEPIYANA/Riau online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Presiden Jokowi dan pejabat daerah sudah melakukan vaksinasi perdana, secara serentak, di tingkat pusat lebih dulu, pada Rabu, 13 Januari 2021. 

 

Kemudian, dilanjutkan vaksinasi perdana secara serentak di daerah provinsi, kabupaten/kota di Indonesia, pada Kamis, 14 Januari 2021.

 

Pendistribusian vaksin Covid-19 pun terus dilakukan, pada tahap dua pendistribusian vaksin Covid-19 tiba di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau, berjumlah 22.840 dosis vaksin Covid-19 jenis Sinovac. 

 

Mobil colt diesel digunakan untuk membawa pendistribusian vaksin Covid-19 dari Bandung ke Kota Pekanbaru, yang menempuh perjalanan selama dua hari satu malam, dimulai pada Selasa, 12 Januari 2021, pukul 11.00 WIB, dan tiba di Kota Pekanbaru pada Rabu, 13 Januari 2021 sekitar pukul 16.47 WIB. 

 

Sepanjang perjalanan sopir pembawa vaksin Covid-19, Badru menceritakan bahwa perjalanan selama dua hari satu malam berlangsung dengan lancar. 

 

Ia menjelaskan perjalanan dikawal langsung oleh petugas kepolisian, dengan menggunakan kendaraan barracuda, mobil patroli, dan kendaraan patroli roda dua.

 

Sebelum berangkat menuju Kota Pekanbaru, Badru menyampaikan dirinya diperiksa kesehatan, dan melakukan swab. 

 

Saat ditanya, apakah sudah disuntik vaksin Covid-19, Badrun mengatakan belum disuntik vaksin Covid-19 tersebut. 

 

"Dicek, kami dicek kesehatan, di swab, segala macamnya dicek, vaksin Covid-19 belum," kata Badru, Rabu, 13 Januari 2021, kepada RIAUONLINE, saat tiba di Gudang Vaksin di Unit Pelayanan Teknis (UPT) Instalasi Farmasi dan Logistik Kesehatan Diskes Riau, Jalan Kesehatan, Kota Pekanbaru.

 

Pihaknya memahami, untuk tahapan penyuntikan vaksin Covid-19 yang menjadi pertama dan utama adalah tenaga kesehatan yang bersentuhan langsung dengan pasien terkonfirmasi Covid-19.

 

"Ini kan tim medis dulu yang diutamain yang berhubungan dengan pasien, tahap kedua mungkin anggota Polri, TNI, tahap ketiga baru kita-kita (masyarakat)," pungkasnya. 

 

 

Setelah selesai bongkar muat, dan vaksin Covid-19 sudah dimasukan ke dalam gudang vaksin Covid-19, kedua sopir pembawa vaksin Covid-19 pun langsung berjalan menuju ke Bandung.