Firdaus Dorong OPD Genjot Pendapatan Asli Daerah 2021

Firdaus8.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus mendorong seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa menggenjot Pendapatan Asli Daerah (PAD) tahun 2021.

Ia optimis pendapatan daerah tahun ini lebih baik dari tahun sebelumnya. "Kita perkirakan tahun 2021 bakal membaik dibanding tahun 2020," ujarnya, Kamis 14 Januari 2021.

Firdaus menilai pertumbuhan ekonomi positif bisa melampaui angka di atas tiga persen secara nasional. Kondisi ini diharapkan berdampak positif bagi pertumbuhan ekonomi di Kota Pekanbaru.

"Mudah-mudahan tren ekonomi pada tahun ini cenderung membaik," harapnya.

Firdaus bersyukur pada semester dua tahun 2020 perekonomian perlahan pulih. Ia optimis perekonomian membaik karena masyarakat sudah kembali produktif.

Pemulihan ekonomi juga didukung program vaksinasi Covid-19. Ia berharap nantinya bisa memberi tren positif bagi sektor kesehatan dan ekonomi terus membaik.

Firdaus tidak menampik pendapatan dari sektor pajak daerah belum mencapai target pada tahun 2020. Kondisi tersebut dampak dari pandemi Covid-19.

Lanjutnya, pendapatan daerah yang menurun tidak cuma dari pajak daerah. Dana bagi hasil dari Pemerintah Provinsi Riau serta transfer pemerintah pusat juga terkena dampak pandemi Covid-19.

Realisasi pajak daerah di Kota Pekanbaru pada tahun 2020 mencapai Rp 539,2 Miliar. Ada penurunan realisasi dibanding tahun 2019 yakni Rp 583 Miliar.

"Jadi tidak cuma pendapatan daerah, karena ekonomi secara nasional juga terganggu," pungkasnya.