Tumpukan Sampah "Kepung" Kota Pekanbaru, Ini Alasan Kadis DLKH

agus-dlhk.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Sudah beberapa hari masih terlihat tumpukan sampah di sejumlah jalan Kota Pekanbaru. Tak hanya di jalanan, sampah juga menumpuk di depan rumah-rumah warga.

 

Minggu 3 Januari 2021, petugas dari Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru mendapati sampah menumpuk di median Jalan Soekarno-Hatta.

 

 

Pantauan Riau Online, sampah menumpuk begitu saja di jalur hijau tersebut. Kebanyakan sampah rumah tangga yang menumpuk di sana. Tumpukan sampah menimbulkan aroma tak sedap.

 

Kepala DLHK Kota Pekanbaru, Agus Pramono menyebut kondisi armada yang terbatas menyebabkan proses pengangkutan sampah butuh waktu lebih lama.

 

Pihaknya harus menunggu pemenang lelang angkutan sampah. Mereka tidak bisa menunjuk begitu saja pengelola angkutan sampah jelang ada pemenang lelang.

 

"Maka kita lakukan secara mandiri untuk pengangkutan sampah yang ada di tepi jalan ini," jelasnya, Senin 4 Januari 2021.

 

Agus menyebut bahwa kondisi armada angkutan sampah masih terbatas. Pasalnya hingga kini lelang pengelola angkutan sampah belum ada pemenang.

 

Lelang ini seiring berakhirnya kontrak kerjasama dua pengelola angkutan sampah pada tahun 2020. DLKH Pekanbaru bekerjasama dengan PT.Samhana Indah dan PT.Godang Tua Jaya.

 

Agus menyebut bahwa pihaknya untuk sementara menggandeng FK RTRW Kota Pekanbaru. Mereka bakal membantu pengangkutan sampah secara swadaya di lingkungannya.

 

Kerjasama ini rencananya berjalan sembari menanti pemenang lelang angkutan sampah. Ia berharap segera terpilih pemenang lelang angkutan sampah.

 

 

"Kita sudah komunikasikan, agar bisa membantu pengangkutan ini untuk sementara," pungkasnya.