Sembuh dari Covid-19, Syamsuar Tancap Gas Pimpin Rapat dari Rumah

Syamsuar60.jpg
(Media Center Riau)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Gubernur Riau Syamsuar pimpin rapat perdana secara virtual usai sembuh dari Covid-19, pada Kamis, 24 Desember 2020.

 

Gubernur Syamsuar memberikan arahan dalam acara Pelaksanaan APBD tahun 2021 secara virtual, berlangsung di Kediaman Gubernur Riau, pada Senin, 04 Januari 2021.

 

 

 

"Penanganan Covid-19 harus menjadi perhatian utama bagi Satgas Covid-19 Provinsi Riau," kata Syamsuar.

 

Ia melanjutkan begitu juga Dinas Kesehatan, Rumah Sakit Rujukan, tempat isolasi mandiri dan tempat menginap para tenaga medis.

 

"Persediaan obat-obatan dan pelaksanaan suntik vaksin," ujarnya.

 

Seperti diketahui, Gubernur Riau Syamsuar terkonfirmasi positif Covid-19 pada Selasa, 01 Desember 2020. Setelah menjalani perawatan sekitar 23 hari, akhirnya pada Kamis, 24 Desember 2020 dinyatakan sembuh dari Covid-19. 

 

Setelah sembuh dari Covid-19, Gubernur Syamsuar juga harus menjalani pemulihan kesehatan selama seminggu. Itu artinya, kurang lebih sekitar 34 hari, Gubernur Syamsuar pulih dari kondisi kesehatan.

 

Gubernur Syamsuar pun melakukan perawatan di kediaman rumah dinas untuk pemulihan kondisi kesehatan, yang juga dipantau oleh tim dokter. 

 

Sebelumnya, Gubernur Syamsuar dirawat di rumah sakit swasta di Pekanbaru, sekitar sepuluh hari mendapatkan perawatan insentif dari para dokter. Sekitar hari Jumat, 11 Desember 2020 Gubernur Syamsuar dipindahkan ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Arifin Ahmad. 

 

"Kemarin memang permintaan beliau (Syamsuar, red) dan juga keluarga, minta dirawat lanjutan ke RSUD Arifin Ahmad," kata Jubir Satgas Covid-19 Provinsi Riau, dr Indra Yovi, Minggu, 13 Desember 2020, saat konferensi pers di Gedung Daerah Balai Pauh Janggi. 

 

Ia melanjutkan, pemindahan Gubernur Syamsuar ke RSUD Arifin Ahmad atas pertimbangan pribadi. "Mungkin merasa RSUD lebih nyaman, lebih dekat dengan rumah (dinas)," jelasnya.  

 

Sekitar 13 hari mendapatkan perawatan insentif oleh belasan tim dokter di RSUD Arifin Ahmad, akhirnya pada Kamis, 24 Desember 2020, Jubir Satgas Covid-19 dr Indra Yovi menyampaikan kesembuhan Gubernur Syamsuar. 

 

Ia menuturkan Gubernur Syamsuar sudah boleh pulang ke kediaman rumah dinas, dan meninggalkan RSUD Arifin Ahmad, dan melakukan pemulihan kesehatan di rumah dinas. 

 

"Terkait kondisi bapak gubernur, hari ini, bapak gubernur Provinsi Riau sudah meninggalkan rumah sakit untuk melanjutkan pemulihan di kediaman, " kata dr Indra Yovi, Kamis, 24 Desember 2020.

 

Yovi melanjutkan pemulihan kondisi Gubernur Riau Syamsuar, tetap dipantau oleh tim dokter yang sudah disiapkan oleh RSUD Arifin Achmad. "kondisi beliau relatif stabil," katanya.

 

"Tetapi yang jelas sesuai dengan rekomendasi dari tim dokter yang menangani beliau dalam waktu satu minggu kedepan, beliau tetap istirahat di rumah," pungkasnya.

 

 

Gubernur Syamsuar sembuh pada Kamis, 24 Desember 2020, itu artinya sesuai dengan anjuran tim dokter sudah seminggu lebih melakukan pemulihan kesehatan setelah sebelumnya terkonfirmasi positif Covid-19.