Evaluasi Kinerja Seluruh Pejabat, Wako Pekanbaru: Ada Rotasi Jabatan

Firdaus9.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Wali Kota Pekanbaru, Firdaus bakal mengevaluasi seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemko) Pekanbaru.

Proses evaluasi kinerja mencakup seluruh OPD. Ada 45 OPD di lingkungan pemerintah kota. Proses evaluasi diawali dengan mempersiapkan para asesor. Mereka nantinya memberi penilaian terhadap para pejabat yang ada.

Evaluasi tersebut nantinya memperlihatkan kinerja para kepala OPD. Ada sejumlah kepala OPD yang tetap menjabat sesuai jabatan saat ini.

"Ada juga pejabat yang mengalami perputaran atau rotasi. Proses evaluasi ini sesuai dengan pakta integritas para pejabat yang ada saat ini," terang Firdaus, Minggu 3 Desember 2020.

Menurutnya, evaluasi ini merupakan suatu kegiatan rutin yang dilakukan dimana saja. Ini tidak hanya terjadi di lingkungan pemerintahan saja, tapi juga terjadi di perusahaan swasta.

Evaluasi ini direncanakan akan berlangsung pada awal Januari 2021. Firdaus menyebut, dalam evaluasi ini, ia ingin melihat sejauh mana capaian kinerja para pejabat.

"Evaluasi untuk penyegaran organisasi dan peningkatan kinerja. Triwulan pertama di tahun 2021 akan kita gelar evaluasi bagi seluruh OPD," katanya.

Bahkan evaluasi dilakukan hingga jenjang terendah, yakni para Tenaga Harian Lepas (THL) yang ada di setiap OPD. Menurutnya, sejauh mana efektivitas kinerja para THL dalam suatu kegiatan.

Dikatakan Firdaus, THL bukan merupakan tenaga honorer. Mereka direkrut saat suatu dinas ada kegiatan dengan batas waktu tertentu.

"Namanya saja tenaga harian lepas, ini direkrut saat ada kegiatan dinas. THL bukan honor. Bisa di kontrak dengan waktu tertentu, atau per tahun. Yang jelas kita lakukan penyegaran untuk menjadi lebih baik kinerja nya," tutup Firdaus.