Ini Tips Mudah Bedakan Madu Asli dan Palsu Ala Mustika Wulandari

Madu-asli.jpg
(Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANABARU-Namanya Mustika Wulandari. Seorang Ibu Rumah Tangga (IRT) dengan satu orang anak ini memilih membantu perekonomian suaminya dengan berjualan madu.

Perempuan berumur 25 tahun yang dulunya penyiar di Radio Republik Indonesia (RRI) ini mengatakan peminat madu di era sekarang ini, apalagi di tengah pandemi Covid-19 sangatlah banyak.

https://www.dailymotion.com/playlist/x6sdem

Walaupun begitu, sebagai pembeli diminta berhati-hati karena tidak semua penjual menjualkan barang dagangannya dengan jujur. Wulan, begitu perempuan itu biasa disapa. Sembari menjawab dengan ramah, ia membeberkan cara membedakan madu asli dan madu palsu menurut apa yang ia ketahui.

Cara pertama, bisa dilihat dari tekstur madu tersebut. Tekstur madu asli, formulanya lengket dan kental banget. Beda dengan madu palsu yang teksturnya lebih kaya air. Cara kedua untuk membedakannya, bisa dengan dituang satu tetes di jari. Kalau madu asli, itu tidak langsung jatuh.

 “Tetap seperti bentuk dia baru netes ke jari. Beda dengan madu palsu yang ditaruh ke jari langsung ngalir ke bawah,” katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID.

Wulan juga mengatakan, dirinya pernah melakukan eksperimen dimana, madu tersebut ia taruh ke kertas. Ini cara ketiga untuk membedakan madu asli atau palsu. Jadi setelah ditaruh dikertas, madu asli tidak akan langsung menembus kertas tersebut, beda dengan madu palsu.

Cara keempat, taruh satu sendok madu ke piring warna putih, lalu dikasih air. Beri air sampai madu di atas piring itu tenggelam.

“Putar berlawanan jarum jam, maka madunya bisa langsung berbentuk seperti sarang lebah atau hexagonal,” ujarnya.

Wulan bercerita, madu yang ia jual ia ambil dari kakak sepupunya dan ia tau sendiri siapa petaninya. Untuk petani madu ini berasal dari gunung Sahilan yang memiliki pohon durian tinggi. “Di pohon durian itulah sarang lebahnya bermukim,” katanya.

Selain itu, Wulan menjamin, madu yang ia jual adalah madu asli yang memiliki segudang manfaat diantaranya adalah mengobati batuk, membuat tidur lebih nyenyak, menyembuhkan luka, menjaga kadar kolesterol, baik untuk jantung, dan lain sebagainya.

 “Jika berminat pesan, bisa hubungi aku di 082283032904,” pungkasnya.