Punya Sederet Prestasi hingga Bupati Termuda, Ini 2 Wanita Jagoan Pilkada

Kasmarni-Rezita-Meylani.jpg
(RIAUONLINE.CO.ID/ISTIMEWA)

RIAUONLINEPEKANBARU - Pencalonan Kasmarni dan Rezita Meilani Yopie memang mengalami pro dan kontra. Isu dinasti politik dan dukungan suami yang berstatus sebagai Bupati di daerah masing-masing yakni Bupati Bengkalis non aktif, Amril Mukminin dan Bupati Indragiri Hulu, Yopi Arianto dalam pencalonan mereka begitu kuat.

Namun demikian, lepas dari nama besar masing-masing suami, ternyata sosok keduanya bukan wanita biasa saja yang disokong penuh suami. 

 

 

Kemenangan Kasmarni di Bengkalis di luar ekspektasi banyak pengamat. Pamor sang suami yang tengah buruk sebab menjadi pesakitan kasus korupsi ternyata tidak mempengaruhi elektabilitas Kasmarni. Praktis, Kasmarni bersama Bagus Santoso mengalahkan tiga paslon lain.

 

Ketua DPRD RIau Indra Gunawan Eet yang Berpasangan dengan Samsu Dalimunthe, Anggota DPRD Abi Bahrun dan Herman serta duet Kaderimanto bersama artis Ibukota Iyeth Bustami tak kuasa melawan pasangan KBS. Kini ia akan menjadi salah satu dari dua Bupati pertama di Riau

 

Sebelum terjun ke kontestasi politik kali ini, Kasmarni merupakan seorang Aparat Sipil Negara (ASN). Memulai karir sebagai staf pegawai biro umum Setwilda TK  I Riau pada 1999, Kasmarni melewati sejumlah perpindahan dan peningkatan jabatan termasuk menjadi Sekcam dan Camat Pinggir pada 2011-2014.

 

Terakhir ia menjabat sebagai staf ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM pada 2018 hingga sesaat sebelum mencalonkan diri sebagai Bupati Bengkalis di 2020.

 

Ibu empat anak ini lahir di Pekanbaru, 14 November 1974. ia menamatkan study terakhirnya sebagai Magister Manajemen di Universitas Teknologi Surabaya pada 2012 setelah sebelumnya menamatkan gelar strata 1 di prodi Sosiologi, Fisipol UNRI pada tahun 2000.

 

Dalam perjalanan karirnyaKasmarni sempat mendapat sejumlah penghargaan di antaranya Satyalencana Karya Satya yang diberikan oleh Presiden indonesia, Joko Widodo pada 2017 lalu. Ia juga mendapat penghargaan Kartini award pada 2017 sebagai  perempuan inspiratif Indonesia oleh Yayasan Penghargaan Indonesia.

 

Selain itu sejumlah penghargaan juga ia raih bidang inovasi dan pemberdayaan PAUD dan Bina Keluarga Balita oleh sejumlah pemberi penghargaan. 

 

Tercatat kekayaan Kasmarni mencapai 11,6 miliar rupiah pada laporan terakhirnya pada 2019 lalu. Sementara kekayaan sang Suami, Amril Mukminin berada di angka 12,67 miliar pada laporan terakhir tahun 2018.

 

Selain Kasmarni di Bengkalis ada pula Rezita Meilani Yopie di Indragiri Hulu. Lahir di Japura, 7 Mei 1994 Rezita Meilani Yopie yang berusia 26 tahun, akan menjadi Bupati termuda di indonesia.

 

Sebelumnya rekor Bupati termuda dipegang sang suami Yopi Arianto yang menjadi Bupati Indragiri Hulu pada usia 30 tahun pada 2010 lalu. kini, lulusan fakultas Ekonomi Universitas Riau ini memenangkan Pilkada Indragiri Hulu dengan keungggulan tipis dari pasangan Rizal Zamzani-Yogi Susilo, jika tidak ada perubahan hasil Pilkada Inhu yang kini tengah disengketakan ke MK maka sejarah baru akan tercipta.

 

Aktif berorganisasiRezita ikut serta dalam beberapa organisasi di berbagai bidang di antaranya  Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Indragiri Hulu, Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kabupaten Indragiri Hulu, Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (DekranasdaIndragiri Hulu, Penasehat Badan Kontak Majelis Taklim (BKMTInhu, dan Bunda PAUD Indragiri Hulu.

 

Aktivitas organisasi yang digeluti oleh Rezita ini kemudian diganjar dengan sejumlah penghargaan yakni Kartini Award sebagai perempuan inspiratif indonesia, Srikandi Abiwada sebagai perempuan Indonesia berprestasi dan Indonesian Achievement Award sebagai women of the year.

 

Ketiga penghargaan ini dikeluarkan oleh Yayasan Penghargaan Indonesia pada 2017. Penghargaan ini ditenggarai merupakan buah keras Rezita saat menjadi ketua tim penggerak PKK Indragiri Hulu yang Inovatif dan kreatif.  

 

 

 

Tercatat, Rezita merupakan paslon terkaya pada pencalonan kemarin dengan total kekayaan mencapai 47,6 miliar rupiah sementara sang suami, Yopi Arianto justru mencatatkan kekayaan lebih sedikit yakni hanya 42,9 miliar pada pelaporan akhir 2019 lalu.