Manjakan Pengunjung Wisata Alam, Alam Mayang Bakal Bikin Penginapan

Alam-Mayang2.jpg
(Alam Mayang)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Di pinggiran Kota Pekanbaru terdapat sebuah objek wisata dengan konsep alam seluas 24,5 hektar yaitu Alam Mayang. Alam Mayang terletak di Jalan Imam Munandar, Kelurahan Tangkerang Timur, Kecamatan Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Riau.

 

Memasuki kawasan Alam Mayang pengunjung akan disajikan dengan pepohonan tinggi dan rindang. Area terasa sejuk dan sangat cocok jika ingin berlibur bersama keluarga. Berbagai macam bentuk patung tersebar di seluruh area objek wisata ini. Sehingga, bisa dijadikan tempat foto yang estetik.

 

“Alam Mayang ini sebuah tempat wisata alam tempat berlibur bersama keluarga jadi wahana permainan hanya bersifat pelengkap,” ujar Riyono Gede Trisoko, akrab disapa Riyono merupakan direktur sekaligus anak dari pendiri Alam Mayang.

 

Riyono, mengungkapkan, Alam Mayang merupakan sebuah usaha keluarga dirintis langsung oleh orangtuanya. Keluarga berdarah Jawa ini pindah ke Pekanbaru karena ayah Riyono harus melakukan wajib Militer.

 

“Dulu lokasi ini hanya sebuah lahan pertanian terpadu, tetapi banyak yang datang bawa keluarga. Jadi kami bentuklah tempat wisata,” ungkapnya.

 

Alam Mayang resmi dijadikan lokasi wisata pada tahun 1988. Pengembangan lokasi wisata terus dilakukan secara bertahap hingga jangka waktu panjang. Maka dari itu Alam Mayang bisa menjadi tempat wisata mampu bertahan hingga puluhan tahun lamanya.

 

“Membangun sesuatu gak bisa cepat-cepat, kita harus mengikuti perkembangan sosial, ekonomi dan psikologi masyarakat,” katanya.

 

Khusus untuk perawatan luasnya lahan Alam Mayang membutuhkan sekitar 30 orang pekerja. Untuk perawatan diutamakan pada kebersihan dan perawatan sarana serta prasarana.

 

Hal yang harus diperhatikan menjalankan usaha wisata alam bagi Riyono yaitu kebersihan, keselamatan dan kesehatan.

 

“Harus nyaman bagi pengunjung,” katanya.

 

Kebersihan harus menjadi fokus utama konsep wisata alam. Sehingga setiap hari selalu ada petugas kebersihan tersebar di beberapa titik. Begitu pula untuk keselamatan. Petugas keamanan sudah tersedia sejak awal memasuki wilayah wisata.

 

Riyono menyediakan 7 orang untuk berjaga dan memperhatikan keselamatan pengunjung. Terdapat pula petugas yang selalu berkeliling lokasi wisata dan memantau aktifitas pengunjung.

 

Alam Mayang rutin mengadakan acara pada perayaan hari besar. Acara biasa diadakan yaitu Super Show yang biasa mendatangkan artis-artis Indonesia.

 

Untuk memancing daya tarik pengunjung datang ke Alam Mayang biasanya dengan mengadakan acara dan menyebarkan brosur bersifat ajakan.

 

Sejauh ini Alam Mayang sudah mencetak prestasi 3 rekor muri yaitu rekor muri lukisan sketsa terpanjang, bolu komojo tertinggi dan drummer cilik terlama. Selain itu juga terdapat prestasi sebagai Pembina Binmas (Binaan Masyarakat) terbaik, lokasi wisata favorit dan pendiri Alam Mayang menjadi tokoh penggerak wisata.

 

“Kami pernah menyelenggarakan MTQ (Musabaqoh Tilawatil Quran) tersukses hingga menghadirkan total sekitar 25 ribu orang pengunjung selama kegiatan MTQ,” katanya.

 

Rencana jangka panjang Alam Mayang adalah membangun sebuah resort (penginapan) pada tahun 2030. Ia berharap Alam Mayang bisa selalu di hati masyarakat Riau untuk berwisata.

 

“Saya berharap Alam Mayang selalu di hati masyarakat,” pungkasnya.

Jika ingin mengetahui info lebih lanjut bisa langsung ke lokasi wisata atau mengakses melalui media sosial Instagram @alammayangpekanbaru dan nomor 082387764853.