Rela Tinggalkan Profesi Dokter, Poppy Banting Stir Jualan Es Mangga

Es-mangga.jpg
(dr Poppy)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Panasnya Pekanbaru sangat cocok bila disajikan minuman segar pelepas dahaga. Sebuah minuman sangat pas untuk dinikmati yaitu Es Mangga dr.Poppy.

Es mangga berwarna kuning segar dikemas dalam botol. Di dalamnya terdapat potongan mangga dan jelly. Sehingga saat diminum terasa sensasi rasa dan aroma mangga yang kuat.

Sesuai nama produknya, es mangga ini merupakan karya seorang dokter bernama Poppy Mutia Lexsi, akrab disapa Poppy. Berawal dari iseng-iseng menyalurkan hobi Poppy kini fokus menjalan usaha bisnis kuliner minuman miliknya.

 

 

“Awalnya saya buat es mangga hanya untuk keluarga, ternyata saat diposting ke media sosial ada yang berminat,” ujar Poppy.

 

Ia mengungkapkan teman-temannya ketagihan setelah merasakan es mangga karyanya. Sehingga ia banyak mendapatkan dukungan untuk menjadikan es mangga tersebut menjadi sebuah produk yang dapat dijual.

 

Sejak tahun 2016 ia mulai memberlakukan sistem pesan antar bagi yang berminat dengan es mangga buatannya.

 

Namun, sebelum memutuskan untuk fokus berbisnis dan meninggalkan pekerjaannya sebagai seorang dokter ia sempat mendapatkan larangan dari keluarga. Tetapi karena hasil didapatkan dirasa bagus dan Poppy senang menjalankannya ia mantap untuk meninggalkan profesi dokter yang diimpikan banyak orang.

 

“Saya memang hobi kuliner, makanya gelar dokter tidak dipakai lagi,” ucap Poppy.

 

Kerjasama pertama dilakukan oleh Poppy yaitu bermitra bersama dengan toko oleh-oleh Pekanbaru ternama Rumah Kue Viera.

 

“Orang pertama yang mau coba es mangga saya ya pemilik Rumah Kue Viera itu dan ia selalu dukung saya agar es mangga ini coba dijual,” ungkapnya.

 

Penjualan es mangga terus meningkat setiap harinya di toko Rumah Kue Viera.

 

“Awalnya Cuma 20 sampai 30 botol, lama-lama mencapai ratusan botol,” ujarnya.

 

Langkah promosi dilakukan paling efektif menurut Poppy yaitu dengan menggunakan jasa selebgram (selebriti Instagram).

 

Poppy, mengklaim, bahwa es mangga kreasinya adalah es mangga pertama di Pekanbaru.

 

“Setelah es mangga milik saya diterima, muncullah es mangga lainnya,” ucapnya.

 

Semenjak es mangga miliknya dikenal masyarakat banyak produk serupa bermunculan. Poppy, mengungkapkan, sampai ada yang meniru bentuk stiker dengan sangat mirip. Sebagai bentuk antisipasi maka ia memutuskan untuk menambahkan namanya di stiker produk agar konsumen tidak salah pilih produk.

 

Saat ini, Poppy sudah mengembangkan produk miliknya. Ia sudah memiliki varian berbeda-beda selain es mangga yaitu es coklat, es doger, es jelly rainbow, kawa daun situjuah, susu kurma, es cendol dan lemon grass jelly drink.

 

Harga produk kreasi Poppy dibandrol berkisar Rp 10 ribu hingga Rp 15 ribu.

 

Poppy, mengungkapkan, ia mampu menjual 200 hingga 250 botol per hari. Namun, saat baru viral ia pernah menjual hingga 500 botol per hari.

 

Saat ini sudah memiliki 2 karyawan untuk membantu proses produksi.

 

Jika ingin merasakan segarnya es mangga dan produk kreasi Poppy lainnya bisa langsung datang ke toko Rumah Kue Viera, Nadhira Napoleon Pekanbaru, Ziecho Colate Brownies dan Hanania Pekanbaru. Namun, Poppy juga membuka sistem pesan antar.

 

Saat ini sudah banyak kantor-kantor dan beberapa orang memiliki acara memesan langsung dengan Poppy dengan jumlah banyak.

 

Rencananya Poppy akan memasarkan produk kreasinya menggunakan mobil.

Jika ingin memesan dan mengetahui info lebih terkait es mangga dan produk kuliner kreasi Poppy bisa langsung diakses di media sosial Instagram @esmanggadr.poppys.