Punya Alat Canggih Baru, Polda Riau Gelar Tes Narkoba Gratis

Tes-narkoba.jpg
(DEFRI CANDRA/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Program Corporate Social Responsibility (CSR) Polda Riau, menggelar kegiatan pengecekan tes narkoba secara gratis kepada karyawan di PT. Pangkalan Baru Indah desa pangkalan baru Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar,  Rabu, 18 November 2020.

 

Kegiatan dilakukan bertujuan untuk mengurangi peredaran dan penyalahgunaan narkoba pada lingkungan tenaga kerja.

 

 

 

Kabag Binops Dit Resnarkoba Polda Riau, AKBP Tengku Syararudin mengatakan bahwa alat yang digunakan untuk melakukan tes merupakan alat baru yang dimiliki Ditresnarkoba Polda Riau dengan nama Drugwipe Test (Securetec Detektion-System AG). 

 

"DrugWipe adalah tes yang digunakan untuk memberikan membersihkan dari sisa-sisa obat dan juga dapat digunakan untuk pengujian keringat atau air liur pada individu," ucap Syahrudin kepada RIAUONLINE.CO.ID, Rabu, 18 November 2020.

 

Syahrudin juga mengungkapkan bawha alat yang digunakan dalam pengecekan tes narkoba ini adalah alat yang mampu mendeteksi jenis narkoba apa yang dipakai atau digunakan oleh pemakainya.

 

"Alat tes ini juga dapat mendeteksi individu yang menggunakan narkoba jenis apa saja, di antaranya Ganja, Opiat, Kokain, Amfetamin atau metamfetamin, Benzodiazepin dan sejenisnya dalam selang waktu 12 jam terakhir", pungkasnya.

 

 

Kegiatan bakti sosial Direktorat Resnarkoba Polda Riau di lingkungan tenaga kerja diharapakan nantinya dapat meminimalisir penggunaan barang haram ini yang semakin hari makin menjadi-jadi di Provinsi Riau.