Pengelola Sampah Pekanbaru Dilelalang Pekan Ini

petugsa-sampah.jpg
(Laras Olivia)

RIAUONLINE, PEKANBARU - Awal tahun 2021 mendatang bakal ada perusahaan baru untuk mengelola angkutan sampah di Kota Pekanbaru.

"Pekan ini kita targetkan sudah lelang pengelola angkutan sampah di Kota Pekanbaru untuk tahun 2021," terang Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Pekanbaru, Agus Pramono, Rabu 11 November 2020.

Lebih lanjut dikatakannya, lelang ini seiring berakhirnya pengelolaan sampah secara multi years. Ada dua pengelola angkutan sampah saat ini yaitu PT Samhana Indah dan PT Godang Tua Jaya.

Kedua perusahaan ini sudah mengelola angkutan sampah selama tiga tahun. Mereka mengelola angkutan sampah dari tahun 2018 hingga tahun 2020 ini

PT Godang Tua Jaya mengangkut sampah di Kecamatan Tampan, Kecamatan Payung Sekaki dan Kecamatan Marpoyan Damai.

Sedangkan PT Samhana Indah mengangkut sampah di Kecamatan Bukit Raya, Kecamatan Sukajadi, Kecamatan Pekanbaru Kota, Kecamatan Senapelan, Kecamatan Lima Puluh, Kecamatan Sail dan Kecamatan Tenayan Raya.

Sampah di dua kecamatan lagi yakni Kecamatan Rumbai dan Kecamatan Rumbai Pesisir diangkut oleh petugas dari DLHK Kota Pekanbaru.

Agus menyebut tidak membatasi jumlah pengelola angkutan sampah. Ia menegaskan perusahaan yang memang harus bisa mengelola proses pengangkutan sampah di Kota Pekanbaru.

"Kalau seandainya sanggup, satu perusahaan bisa mengelola angkutan sampah," jelasnya.