Ribuan Warga Pekanbaru Padati Mal MPP, Dijanjikan KTP Elektonik Langsung Jadi

Perekaman-KTP-elektronik3.jpg
(Laras Olivia/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Ribuan orang memadati komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru, Sabtu 7 November 2020.

 

Mereka datang sejak pagi untuk mengakses layanan di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekanbaru.

 

Dinas membuka layanan pada akhir pekan bagi perekaman KTP elektronik atau KTP el hingga penggantian KTP rusak dan hilang. Akibatnya ribuan masyarakat pun mendatangi komplek perkantoran itu.

 

 

Kondisi tersebut menimbulkan antrian yang mebludak hingga gerbang komplek perkantoran. Masyarakat juga berkerumun ingin segera mendapat layanan.

 

Kepala Disdukcapil Kota Pekanbaru, Irma Novrita pun ikut menenangkan masyarakat yang datang. Masyarakat yang sudah datang menyoraki Irma lantaran belum bisa mendapat akses layanan.

 

Irma menjelaskan bahwa layanan kali ini cuma bagi masyarakat pemula yang belum pernah merekam KTP el. Layanan juga bagi masyarakat yang KTP hilang dan rusak. 

 

"Masyarakat tidak perlu khawatir. Kita programkan setiap akhir pekan hingga Desember nanti. Tahun depan juga kita programkan," ujarnya.

 

Dia katakan, masyarakat tidak bisa mengurus akta kelahiran, akta kematian dan kartu keluarga. Mereka bisa mengurusnya pada jam kerja.

 

Ia pun mempersilahkan masyarakat yang hendak mengurus dokumen capil untuk pulang. Mereka bisa datang pada Senin hingga Jumat depan.

 

 

"Jadi kita fokuskan layanan  hari ini untuk KTP," paparnya.