Demi KTP, Warga Abaikan Protokol Kesehatan, Berhimpitan Tanpa Jarak

Komplek-Mal-Pelayanan-Publik-MPP4.jpg
(RAHMADI DWI/Riau Online)

RIAUONLINE, PEKANBARU-Abaikan protokol kesehatan, ratusan warga serbu Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru yang berada di komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru, Jalan Jendral Sudirman, Kota Pekanbaru, Sabtu 7 November 2020.

Sejak pagi, warga berduyun-duyun mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Pekanbaru untuk mendapatkan pelayanan administrasi kependudukan. Namun karena antusias warga yang tinggi untuk melakukan perekaman E-KTP, petugas terpaksa membagi warga berdasarkan kecamatan tempat tinggal untuk menghindari kerumunan.

Seorang warga yang mengurus E-KTP, Eca Leviana, mengatakan, dirinya sudah mengantri dari pukul 05.00 WIB, namun sampai siang ini belum mendapatkan pelayanan pengurusan KTP. 

“Mau ngurus KTP anak saya sudah berumur 17 tahun, jadi saya dapat info dari media sosial ada pembuatan KTP di kantor siap dalam sehari,” kata Eca.

Perekaman KTP elektronik3

Ribuan warga Pekanbaru padati Komplek Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru/Laras Olivia/Riau Onlin

Dibukanya pelayanan pembuatan KTP dalam satu hari, disambut antusias tinggi oleh masyarakat, warga ramai mendatangi Kantor Disdukcapil dan mengabaikan protokol kesehatan, hal ini meningkatkan penyebaran Covid-19, terlihat warga berdesak-desakan mengurus Kartu Tanda Penduduk.

“Mau gimana lagi, namanya juga kepentingan untuk anak, kalau ditanya takut tertular Covid-19 ya saya takut pak,” ujar Eca Leviana.

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Pekanbaru, membuka pelayanan akhir pekan, dikhususkan bagi perekaman Kartu Tanda Penduduk usia 17 tahun.

Selain itu, bagi masyarakat yang rusak atau kehilangan KTP dapat mengganti di Kantor Disdukcapil Pekanbaru.