Suka dan Pengin Adopsi Kucing?, Monggo Mampir ke Rumah Kucing Pekanbaru

Rumah-Kucing-Pekanbaru3.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Kucing merupakan hewan yang paling sering dijadikan peliharaan manusia. Namun, nyatanya tidak semua orang menyukai kucing. Hal ini menyebabkan adanya kasus aniaya pada kucing dan banyaknya kucing jalanan yang terlantar dalam keadaan sakit.

 

Rumah Kucing Pekanbaru (RKP) bagaikan rumah surga bagi kucing-kucing jalanan yang bernasib kurang beruntung. RKP menyadari bahwa banyak kucing yang membutuhkan pertolongan manusia. RKP memiliki kegiatan berdasarkan slogan Rescue, Rehab, Neuter dan Rehome. 

 

 

 

Sesuai artinya, Rescue adalah proses menyelamatkan kucing yang membutuhkan bantuan. Rehab maksudnya proses membantu kucing untuk pulih atau sehat. 

 

“Dalam proses rehab kucing akan dibawa ke dokter dan dirawat hingga sembuh,” ujar Tari, Ketua RKP.

 

Neuter pada RKP maksudnya adalah sebuah kegiatan untuk mensterilkan alat reproduksi kucing atau kebiri. Sedangkan Rehome merupakan kegiatan mencarikan orang yang mampu mengadopsi kucing. 

 

“Kami perlu adopter (orang yang mengadopsi) karena tidak mungkin kami terus menampung kucing di satu tempat,” katanya. 

 

Jika ingin mengadopsi kucing dari RKP maka setidaknya harus mengetahui tentang kewajiban steril yang ditetapkan pihak RKP. 

 

“Kalau kucing yang kami rescue tidak disteril yang ada kami yang di rescue orang karena menyebabkan ledakan populasi kucing,” katanya.

 

Menurut Tari, satu orang maksimal memiliki 5 ekor kucing sehingga sebelum RKP melepas kucing kepada adopter (orang yang mengadopsi) maka akan dipastikan terlebih dahulu jumlah kucing yang sudah dipelihara. 

 

Setelah kucing dilepas kepada adopter RKP akan tetap memantau cara merawat untuk tumbuh kembang kucing 

 

RKP merawat kucing dan memberikan arahan kepada adopter berdasarkan saran-saran dokter hewan. Pasalnya, RKP juga aktif ambil andil memberikan edukasi tentang kucing kepada masyarakat. 

 

 

Bagi yang ingin mengetahui info lebih tentang RKP bisa melalui Instagram @yayasanrumahkucingpekanbaru atau fanpage @rumahkucingpekanbaru. Jika ingin  berdonasi bisa hubungi 08127692007 atau langsung ke nomor rekening 108 00 16100 217 Bank Mandiri atas nama Tari Familawati.