Lolos dari Maut setelah Ditembak di Kepala, si Belang Kini Strok di Kaki

Rumah-Kucing-Pekanbaru2.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU – Ketika manusia sakit butuh diobati dan ketika teraniaya butuh pertolongan. Begitu pula pada kucing yang juga membutuhkan pengobatan dan pertolongan manusia. Latar belakang inilah membuat berdirinya Yayasan Rumah Kucing Pekanbaru (RKP).

 

Standar kucing yang akan dibantu RKP minimal menderita sebuah penyakit. Keadaan kucing paling menyedihkan yang pernah RKP rawat adalah korban tembak. Saat itu terdapat 8 ekor kucing, namun yang masih hidup tersisa 1 ekor.

 

Nasib kucing yang masih hidup tersebut ditemukan dengan kondisi peluru senapan angin bersarang di bagian kepala. Kucing tersebut dilarikan ke klinik hewan dan tertolong tetapi mengalami koma. 

 

 

 

Selama koma kucing terus dirawat dengan sabar dan diberi makan berupa cairan yang diberi lewat lubang hidung kucing. Saat masa koma kucing tidak dirawat di klinik karena keterbatasan biaya.

 

“Saat itu kami masih berharap dia hidup, jadi kami rawat terus selagi masih bernapas,” ucap Tari, ketua RKP.

 

Setelah 2 bulan koma ternyata kucing yang diberi nama Sibelang tersebut mulai sadar dan kesehatannya berangsur membaik. 

 

"Kaget dan bahagia sekali ketika melihat dia mulai bergerak, saya langsung bawa ke klinik lagi," ucapnya.

 

Saat ini kucing malang itu sudah sehat meski harus menderita struk di bagian kaki akibat kerusakan syaraf.

 

“Kaki belakang sebelah kanannya strok jadi terlihat seperti cacat,” katanya.

 

Tidak tanggung-tanggung, biaya yang dihabiskan untuk seekor kucing korban tembak itu sebesar Rp 12 juta. 

 

“Melihat dia sehat rasanya luar biasa sekali meski harus mengeluarkan biaya yang mahal,” katanya.

 

Selain itu, RKP juga memelihara sekitar 40 kucing lainnya dengan berbagai keadaan menyedihkan. Kucing yang bisa ditemui langsung ada yang hanya memiliki 3 kaki, mata buta, perut robek dan ada yang terkena berbagai penyakit lainnya sehingga perlu perawatan khusus. 

 

Untuk itu RKP hadir untuk membantu kucing-kucing tersebut. RKP membutuhkan bantuan donasi sebab besarnya biaya yang harus dikeluarkan untuk kucing-kucing tersebut.

 

 

 

Bagi yang ingin mengetahui info lebih tentang RKP bisa melalui Instagram @yayasanrumahkucingpekanbaru atau fanpage @rumahkucingpekanbaru. Jika ingin  berdonasi bisa hubungi 08127692007 atau langsung ke nomor rekening 108 00 16100 217 Bank Mandiri atas nama Tari Familawati.