Shifthink Hadir untuk Bantu UMKM Jadi Besar Lewat Digital Marketing

CEO-Shifthink-Rizki-Gusti-Pratama.jpg
(Hidayatul Fitri/Riau Online)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Seiring perkembangan zaman, Usaha Mikro Kecil Menangah (UMKM) perlu terus mengupgrade atau meningkatkan metode pemasaran yang tepat agar dapat bertahan dan mengembangkan bisnis menjadi lebih besar.

“UMKM butuh berpidah dari konvensional dan terjun ke dunia digital,” kata Rizki Gusti Pratama, CEO Shifthink pada hari Selasa, 3 Oktober 2020 di acara ROLCAST.

UMKM sudah saatnya menerapkan digital marketing. Digital marketing adalah sebuah proses pemasaran produk melalui sistem digital.

Banyaknya permasalahan yang dihadapi terlebih lagi saat pandemi Covid-19, Shifthink hadir untuk menjadi solusi para pegiat UMKM.

Shifthink adalah sebuah agen digital yang fokus membantu digitalisasi (proses digital) UMKM.

“Kami hadir sebagai solusi untuk  percepatan dan kemudahan dengan biaya yang lebih murah untuk mengembangkan usaha,” katanya.

Shifthink memiliki misi untuk membantu mengedukasi pegiat UMKM dalam mengembangan usaha yang dijalankan. Kegiatan yang dilakukan bukan hanya mentransformasi usaha konvensional ke digital.

Shifthink berusaha untuk membantu meningkatkan kemampuan pegiat UMKM baik dari segi manajemen dan metode pemasaran yang tepat serta mengefektifkan usaha dapat diterima oleh target pasar.

“Kami bisa membantu mengotomatisasi sistem UMKM dengan teknologi yang ada secara digital,” katanya.

Rizki, menyatakan, yang perlu diubah bukan hanya secara teknis saja tetapi perlu pula mengubah pola pikir pengiat UMKM.

Terjun ke dunia digital marketing banyak yang terkendala oleh kemampuan menggunakan teknologi.

“UMKM biasanya takut terjun ke digital karena Gaptek (gagap teknologi),” ujarnya.

Orang-orang yang tidak mau mencoba beralih ke digital marketing bermula dari tidak adanya niat yang kuat dari orang tersebut. Padahal, teknologi pada dasarnya hadir untuk memudahkan kehidupan asal mau memahi ilmunya terlebih dahulu.

“Pemikiran seperti ini yang harus dirubah, kalau sudah berpikir bahwa digital marketing itu mudah maka akan lebih baik lagi untuk mengembangan usaha,” ucapnya.