Pemko Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 saat Libur Akhir Tahun

liburan3.jpg
(istimewa)

RIAUONLINE, PEKANBARU- Liburan akhir tahun menjadi tugas penting bagi pemerintah untuk mengatasi lonjakan kasus Covid-19.

 

Wali Kota Pekanbaru, Firdaus menyebut bahwa pemerintah kota bersiap mengantisipasi lonjakan kasus Covid-19 pada libur akhir tahun 2020.

 

"Banyak momen liburan seperti natal dan tahun baru. Kita khawatir ada gelombang besar kasus Covid-19 pada akhir tahun ini," ujarnya kepada awak media, Selasa 3 November 2020.

 

 

Firdaus menyebut, perlu adanya antisipasi, apalagi ada perubahan tahun anggaran. Menurutnya, pemerintah kota berupaya mengoptimalkan layanan kesehatan dalam menangani Covid-19.

 

"Mesti ada biaya untuk menyetok keperluan pasien. Kebutuhan makan pasien di rumah sakit dan obat-obatan harus disediakan minimal sampai akhir Januari 2021," ulasnya.

 

Dia menyebut, rumah sakit juga harus mengantisipasi dari dini. Fasilitas kesehatan di Kota Pekanbaru disiapkan untuk mengantisipasi lonjakan pasien positif Covid-19.

 

Mereka mengantisipasi lonjakan kasus pasca cuti bersama akhir Oktober 2020. Ia mengaku sudah membahas hal ini sebelum cuti bersama. Apalagi masih banyak masyarakat tetap bepergian ke luar kota pada akhir pekan lalu.

 

 

"Kita sudah berupaya mengedukasi masyarakat, agar tetap di rumah saja. Tapi tetap ada yang ke luar kota. Kalau kemarin banyak yang berlibur ke Sumatera Barat, mudah-mudahan tidak tertular Covid-19," ucapnya.