Pemko Pekanbaru Pindahkan OTG ke Tempat Isolasi Pemerintah

zaini-rizaldi-pku.jpg
(olivia)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid-19 Kota Pekanbaru, tengah merujuk Orang Tanpa Gejala (OTG) menjalani isolasi mandiri di rumah ke fasilitas pemerintah.

Pergeseran pasien positif Covid-19 tanpa gejala ke fasilitas pemerintah itu, guna memudahkan pengawasan OTG selama menjalani isolasi. Sesuai Praturan Wali Kota (Perwako) Nomor 180 Tahun tahun 2020 tentang pedoman isolasi mandiri orang tanpa gejala (OTG) dan gejala ringan Covid-19.

"Pemerintah kota melalui Satgas masih melakukan pendataan dan merujuk OTG yang melakukan isolasi di rumah, supaya mereka pindah ke tempat yang telah disiapkan pemerintah," ujar Sekretaris Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Jumat 30 Oktober 2020.

Ia mengungkapkan, hingga saat ini sebanyak 266 pasien positif tanpa gejala atau OTG masih melakukan isolasi di fasilitas pemerintah. Total ada sebanyak 346 tempat tidur tersedia dalam empat di fasilitas karantina di Kota Pekanbaru.

Keempat lokasi tersebut di antaranya, Rusunawa Rejosari, BPSDM Riau, Bapelkes Riau dan LPMP.

Data dari Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru, per Jumat 30 Oktober jumlah pasien paling banyak yang menjalani isolasi di LPMP. Jumlahnya mencapai 83 orang.

Sedangkan jumlah tempat tidur yang tersedia di sana ada 130. Masih tersisa sebanyak 44 tempat tidur lagi bagi pasien tanpa gejala.

Kemudian, di Bapelkes Riau ada 46 pasien yang tengah menjalani isolasi. Masih tersisa sebanyak 30 tempat tidur lagi bagi pasien tanpa gejala.

Lalu di BPSDM Riau saat ini terdapat 49 pasien tengah menjalani isolasi. Masih tersisa 25 tempat tidur lagi ditempat isolasi itu.

Pada Rumah Sehat Rusunawa Rejosari saat ini total memiliki 66 tempat tidur yang sudah siap pakai. Namun yang sudah terpakai sebanyak 48 tempat tidur oleh pasien tanpa gejala.

"Dalam Perwako 180, OTG yang menjalani isolasi mandiri dirumah harus memenuhi standar yang ditetapkan. Seperti memiliki ruangan sendiri atau kamar sendiri yang dihuni OTG," ulasnya.