Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dan Hikmahnya

Maulid-Nabi.jpg
(GettyImages/iStockphoto/Agus Supriyatna)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Maulid Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wasallam diperingati setiap tanggal 12 rabiul awal (bulan hijriah) bertepatan pada hari ini, Kamis, 29 Oktober 2020 memiliki makna dan hikmah bagi umat Islam.

 

Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI), Muhammad Natsir Zubaidi mengatakan banyak hikmah yang bisa diambil dari peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW.

 

 

 

"Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW dapat mengingatkan umat akan jejak, napak tilas kehidupan dan perjuangan nabi akhir zaman yang membawa kabar gembira pada umatnya dan sebagai pembawa risalah untuk memperbaiki akhlak manusia," ucap M Natsir dikutip RIAUONLINE dari sahijab.com, Kamis, 29 Oktober 2020.

 

Selain itu, memperingati maulid nabi Muhammad SAW mendorong kita untuk bersholawat kepadanya.

 

"Sesungguhnya Allah dan para malaikat-Nya bersalawat atas nabi sebagaimana firman Allah dalam surat Al ahzab ayaut 56, kita juga harus dan wajib bersholawat kepada nabi" pungkasnya.

 

Peringatan maulid nabi Muhammad SAW adalah ungkapan kegembiraan akan lahirnya Baginda Nabi.

 

Ketika itu paman nabi Muhammad SAW (Abu lahab) menyampaikan berita gembira kepada kaumnya waktu itu akan kelahiran nabi dengan memerdekakan seorang budak dan menyambutnya dengan gembira.

 

 

 

Karena kegembiraan Abu lahab menyambut kelahiran nabi Muhammad SAW Allah menurunkan keberkahan kepadanya dan kepada siapapun yang gembira atas kelahiran Nabi Muhammad SAW.