Anda Penggemar Ikan Cupang? Pelajari Dulu Cara Perawatannya

cupang.jpg
(muthi)

RIAU ONLINE, PEKANBARU - Ikan cupang semakin banyak menarik peminat. Coraknya yang mempesona membuat berbagai kalangan ingin sekali memeliharanya.

Penjual ikan cupang, Fredi memberikan tips dan cara-cara dalam merawat ikan cupang. Fredi mengatakan, jika ingin memelihara ikan cupang, hal pertama yang harus diperhatikan adalah niat untuk belajar.

"Sebelum membeli, belajar dulu. Bisa belajar dari youtube," katanya kepada RIAUONLINE.CO.ID, Kamis, 29 Oktober 2020.

Cara kedua, wadah dan air untuk ikan cupang harus sesuai. Untuk wadah, lebih baik memelihara ikan cupang dalam wadah yang kecil.

Sedangkan untuk air, memelihara ikan cupang disarankan menggunakan air tawar. Cara ketiga, volume air pun harus diperhatikan. Bila menggunakan wadah ikan cupang tanpa penutup, air yang disarankan sekitar 40 persen.

Cara keempat, jangan lupa memberi makan ikan tiga kali sehari. Untuk makanan, ikan cupang bisa diberi jentik nyamuk, cacing sutra, cacing darah, microworm, dan kutu air.

Kelima, bersihkan wadah ikan cupang dari kotoran dan lender-lendir yang menempel. Bersihkan dengan spons hingga bersih, lalu isi kembali dengan air lalu tunggu beberapa saat agar airnya sesuai dengan suhu kamar.

"Gantilah air ikan cupang minimal tiga kali sehari," pungkasnya.